Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Widget Spotify Hadir di Oppo ColorOS 13, Pengguna Tidak Perlu Buka Kunci Layar untuk Putar Lagu

Kompas.com - 01/09/2022, 08:16 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Oppo resmi memperkenalkan tampilan antarmuka terbarunya, ColorOS 13. ColorOS13 tampil lebih segar dan membawa sejumlah pembaruan fitur, salah satunya Smart Always-on-Display (AOD).

Dengan AOD, pengguna ponsel Oppo dengan ColorOS 13 bisa melihat beragam informasi maupun notifikasi, meski perangkat dalam kondisi terkunci.

Oppo pun bekerja sama dengan beberapa perusahaan termasuk Spotify untuk turut memanfaatkan fitur Always-On Display di ColorOS 13 ini. Dengan kerja sama ini, fitur Always-On Display di ColorOS 13 dapat menampilkan widget Spotify.

Baca juga: Update Baru Spotify Bikin Halaman Utama Lebih Rapi

Dengan begitu, pengguna bisa melihat dan mengontrol musik yang sedang diputar tanpa harus membuka lockscreen.

Pengguna hanya perlu mengetuk layar dua kali untuk menyalakan layar serta memunculkan shortcut untuk tombol-tombol Spotify, tanpa membuka kunci ponsel.

Widget Spotify di fitur AOD ColorOS 13 OppoGSM Arena Widget Spotify di fitur AOD ColorOS 13 Oppo
Widget yang ditampilkan bakal berukuran mungil dan menunjukkan lagu yang sedang diputar beserta dengan sampul album lagu tersebut.

Widget Spotify ini akan mengikuti desain “Aquamorphic”, bahasa desain yang diadopsi ColorOS 13. Widget tersebut tampil dengan sudut yang lebih membulat.

“Kemitraan kami dengan Spotify merupakan eksplorasi baru. Melalui fitur-fitur yang cerdas, nyaman, dan berpusat pada (pengalaman) manusia yang dikembangkan bersama mitra kami, kami menghadirkan OS yang lebih efisien kepada pengguna,” ujar Gary Chen, Head of Oppo Software Product, dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (1/9/2022).

Gandeng Snapchat

Bitmoji pada Oppo ColorOS 13Oppo Bitmoji pada Oppo ColorOS 13
Selain Spotify, Oppo juga menggandeng perusahaan lain, salah satunya Snapchat untuk turut memanfaatkan fitur Always-on-Display di ColorOS13.

Melalui kerjasama dengan Snapchat, pengguna ponsel Oppo dengan ColorOS 13 akan dapat menampilkan Bitmoji dari Snapchat di AOD.

Baca juga: Spotify Pisah Tombol Play dan Shuffle di Versi Mobile, tapi Ada Syaratnya

“Bitmoji versi Anda akan disinkronkan dengan aktivitas Anda, meskipun smartphone tidak digunakan (atau dalam kondisi terkunci,” jelas Gary.

Bagi yang belum familier, Bitmoji merupakan animasi yang mempresentasikan pengguna dalam versi kartun. Animasi tersebut juga bisa dibagikan ke berbagai media sosial, termasuk Snapchat.

Adanya kebaruan ini, pengguna dapat menampilkan beragam Bitmoji termasuk Bitmoji yang menggambarkan diri pengguna sedang tidur, membaca buku, mendengar musik, atau kegiatan lainnya, di AOD perangkat Oppo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com