Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Akan Bikin iPhone 14 Unggul dari Smartphone Lain

Kompas.com - 01/09/2022, 11:15 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - iPhone 14 series akan meluncur dalam waktu dekat. Apple telah mengumumkan akan menggelar acara Apple Event yang berlangsung 7 September nanti.

Meski iPhone 14 belum dirilis, sejumlah rumor terkait spesifikasi dari iPhone generasi baru itu sudah tersebar di dunia maya.

Selain spesifikasi teknisnya, beberapa fitur juga digadang-gadang bakal melengkapi iPhone 14 series. Fitur-fiturnya bahkan terbilang spesial karena dinilai menjadi keunggulan iPhone 14 dibanding smartphone merek lainnya.

Di antara fitur tersebut seperti konektivitas satelit, sistem pendingin untuk mengatur suhu ponsel, hingga perluasan memori sampai 2 TB.

1. Konektivitas satelit

Fitur ini akan membantu pengguna iPhone mengirim pesan teks ketika dalam kondisi darurat serta melaporkan kondisi darurat di area yang tidak terjangkau jaringan seluler. Awalnya fitur ini dilaporkan akan hadir di iPhone 13, namun nihil.

Baca juga: Mengecas iPhone 14 Bakal Lebih Ngebut dari iPhone Sebelumnya?

Iphone 13 Pro Max.Dok. TomsGuide Iphone 13 Pro Max.
Menurut pakar industri, Apple memang berencana menghadirkan fitur konektivitas satelit di iPhone 14. Untuk mewujudkan fitur ini, Apple kabarnya akan bekerja sama dengan Globalstar, yaitu perusahaan komunikasi satelit di Amerika Serikat.

2. Sistem pendingin yang lebih baik

Analis Ming-Chi Kuo yang dikenal akurat dalam membagikan bocoran produk Apple, mengatakan bahwa iPhone tahun ini akan dilengkapi dengan sistem pendingin berupa ruang uap untuk mengatur suhu panas ponsel ketika menjalankan tugas berat.

Kuo mengeklaim bahwa Apple menguji solusi sistem pendingin itu secara intensif untuk iPhone 2022. Sistem ini sendiri sudah banyak digunakan pada ponsel berbasis Android khususnya kelas flagship, namun, pendingin milik Apple dipercaya dapat bekerja lebih optimal.

3. Penyimpanan internal 2 TB

Apple mulai menyematkan penyimpanan 1 TB pada iPhone 13 Pro yang dirilis pada tahun lalu. Pada iPhone 14 Pro, Apple diyakini akan memperluas penyimpanan ponsel menjadi 2 TB.

Jika rumor ini akurat maka kapasitas tersebut menandai yang terbesar di antara iPhone yang sudah ada sebelum iPhone 14.

Ramai soal jasa screenshot tampilan iphone di TikTok dan Instagram. Apa itu? Cult of Mac Ramai soal jasa screenshot tampilan iphone di TikTok dan Instagram. Apa itu?

Perluasan ini bisa membantu pengguna mengambil video berkualitas tinggi, mengingat iPhone sering dimanfaatkan untuk membuat konten.

Baca juga: iPhone SE 4 Disebut Bakal Mirip iPhone XR

3. WiFi 6e

WiFi 6e merupakan standar WiFi paling baru saat ini yang menawarkan kecepatan lebih cepat dan kinerja lebih baik dalam menunjang workload yang tinggi.

Fitur ini tercatat absen di iPhone 13, Mac, iPad karena hanya mendukung WiFi 6. Dengan demikian, WiFi 6e dipercaya bakal hadir pada iPhone 14.

4. Perubahan desain

iPhone 14 kabarnya akan hadir dalam empat model, tanpa adanya model "mini". Keempat modelnya diduga terdiri dari iPhone 14 (6,1 inci), iPhone Max (6,7 inci), iPhone 14 Pro (6,1 inci) dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Secara umum tak banyak perubahan untuk iPhone "reguler" dan iPhone Max karena kabarnya kedua ponsel ini masih akan mempertahankan desain layar berponi.

Perubahan desain yang signifikan kemungkinan terlihat pada duo iPhone 14 Pro karena keduanya disebut akan mengusung layar berlubang.

Tangkapan layar iPhone 13 ketika diperkenalkan pada 14 September 2021. Jam pada iPhone 13 disetel di angka 09.41.YouTube/ Apple Tangkapan layar iPhone 13 ketika diperkenalkan pada 14 September 2021. Jam pada iPhone 13 disetel di angka 09.41.

Selain itu, model Pro juga akan dilengkapi chipset baru yakni chip A16, kamera 48 MP serta peningkatan lainnya. Sementara dua iPhone 14 standar lainnya masih akan ditenagai oleh chip A15 dan kamera seperti pendahulunya.

Baca juga: Deretan Fitur Tersembunyi iPhone yang Tidak Disadari Pengguna

Kendati demikian, Apple kabarnya akan menghadirkan warna baru, lensa ultra-wide yang diperbarui, koneksi 5G yang lebih cepat hingga WiFI 6e.

Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Kamis (1/9/2022), Apple juga kemungkinan meluncurkan Apple Watch baru yang diduga disebut Apple Watch Series 8 serta AirPods Pro generasi kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com