Kompas.com - 01/09/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Pembaruan versi aplikasi WhatsApp (update WhatsApp) rutin digelontorkan lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Update WhatsApp biasanya bakal membawa fitur baru dan perbaikan bug atau gangguan.

Untuk update WhatsApp, pengguna bisa dengan mudah melakukannya melalui dua toko aplikasi tersebut yang tersedia di masing-masing handphone (HP). Saat ada pembaruan Whatsapp, umumnya bakal terdapat opsi bertajuk “Update” di Play Store atau App Store.

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir akibat “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam”

Ketika pengguna klik opsi tersebut, toko aplikasi bakal otomatis mengunduh dan memperbarui aplikasi WhatsApp yang telah terinstal di HP. Proses update WhatsApp tersebut bisa dikatakan cukup mudah.

Kendati mudah, namun dalam kondisi tertentu, tak jarang pula dijumpai masalah seperti tidak bisa update WhatsApp. Lantas, kenapa WhatsApp tidak bisa update dapat terjadi? Masalah ini bisa timbul dari beberapa faktor.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan seputar kemungkinan penyebab tidak bisa update WhatsApp, baik di HP Android maupun iOS, sebagaimana dilansir laman resmi FAQ WhatsApp.

Penyebab tidak bisa update WhatsApp

1. Koneksi internet buruk

Koneksi internet yang buruk atau tidak stabil bisa mengakibatkan masalah tidak bisa update WhatsApp. Proses pengunduhan file pembaruan WhatsApp di toko aplikasi dapat tersendat jika koneksi internet di HP dalam kondisi yang tidak memadai.

2. Update WhatsApp tidak kompatibel dengan sistem operasi HP

Penyebab berikutnya adalah update WhatsApp tidak kompatibel dengan sistem operasi yang sedang dijalankan HP. Semakin baru aplikasi WhatsApp, umumnya bakal membutuhkan syarat minimal sistem operasi yang terbaru juga.

3. Bug pada toko aplikasi

Penyebab tidak bisa update WhatsApp juga bisa timbul lantaran terdapat bug pada aplikasi Google Play Store atau App Store. Bug tersebut dapat berpotensi untuk menghambat proses pengunduhan dan instalasi file pembaruan aplikasi WhatsApp di HP.

4. Memori internal HP telah penuh

Saat memori internal HP telah penuh, toko aplikasi secara otomatis bakal tidak bisa melakukan pengunduhan. Alhasil, masalah tidak bisa update WhatsApp pun dapat terjadi. Update WhatsApp minimal membutuhkan ruang kosong memori internal sebesar 1 GB.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Muncul Tulisan “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam”?

Dengan paparan penyebab di atas, lalu bagaimana cara mengatasi tidak bisa update WhatsApp? Bila hendak mengetahuinya, simak penjelasan cara mengatasi tidak bisa update WhatsApp di bawah ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.