Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganti Keyboard di HP Android dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 01/09/2022, 17:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara mengubah keyboard di HP Android bisa dilakukan dengan mudah lewat menu "Settings/Pengaturan". Dengan mengakses menu ini, pengguna dapat memilih jenis keyboard yang ingin digunakan ketika mengetik di HP Android.

Secara default, HP Android akan menggunakan jenis keyboard bawaan seperti Gboard. Namun, keyboard ini bisa diganti oleh jenis keyboard lain seperti Samsung keyboard atau keyboard yang berasal dari aplikasi pihak ketiga seperti Grammarly.

Setiap jenis keyboard menawarkan fitur yang berbeda, seperti koleksi stiker yang lebih banyak, kemampuan untuk mengenali perintah suara, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengapa Tombol F dan J di Keyboard Ada Tonjolan?

Biasanya, penampilan aplikasi keyboard juga bisa diubah-ubah dengan menerapkan warna atau tema yang dikehendaki, sehingga makin personal.

Nah, cara mengubah keyboard di HP Android bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (1/9/2022).

Cara mengubah keyboard di HP Android

  • Akses menu "Settings/Pengaturan" > "Additional Settings/Pengaturan lainnya".
  • Pilih "Languages & Input/Bahasa & Masukan".
  • Tekan opsi "Current Keyboard" lalu pilih jenis keyboard yang diinginkan.
  • Secara default, HP Android akan dibekali dengan Gboard.
  • Untuk bisa menambahkan keyboard lain, Anda dapat mengunduh keyboard Microsoft Swiftkey dan Grammarly melalui Google Play Store.

Cara mengubah default keyboard di HP Android.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengubah default keyboard di HP Android.
Cara di atas dilakukan dengan menggunakan smartphone Xiaomi Mi 10 yang menjalankan sistem operasi Android 12 yang berlapis antarmuka MIUI 13.

Bukan tidak mungkin langkah di atas akan sedikit berbeda dengan model dan sistem operasi HP Android yang lain. Kendati demikian, caranya secara umum kurang lebih akan sama.

Baca juga: Mengapa Susunan Keyboard QWERTY? Ini Sejarahnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com