Link dan Cara Bikin Receiptify Spotify yang Tengah Ramai di Twitter

Kompas.com - 01/09/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com- Beberapa waktu belakangan ramai di Twitter unggahan bertajuk “Receiptify”. Salah satu contohnya bisa dilihat pada Tweet yang diunggah oleh akun base dengan handle @convomf, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Cara Bikin Spotify Bercahaya yang Tengah Ramai di Twitter

Dalam unggahan soal Receiptify tersebut, terdapat gambar seperti setruk belanja, tapi isinya adalah daftar lagu. Sebagian dari Anda mungkin juga telah sempat melihat unggahan Receiptify seperti contoh di atas.

Kendati mungkin telah sempat melihat, namun tahukah Anda sebenarnya apa itu Receiptify? Receiptify adalah layanan pembuat grafik peringkat lagu, musisi, atau genre yang sering didengarkan di akun Spotify.

Grafik peringkat lagu tersebut disajikan Receiptify dalam gambar seperti setruk belanja. Untuk membuat grafik peringkat, Receiptify memakai langsung data kategori Top Artist di akun Spotify dalam sebulan terakhir, enam bulan terakhir, dan sepanjang waktu.

Lantas, bagaimana cara membuat Receiptify? Membuat Receiptify supaya menampilkan gambar peringkat lagu yang sering diputar di Spotify, caranya bisa dengan mengakses situs web ini “receiptify.herokuapp.com”.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara membuat Receiptify seperti yang tengah ramai dibagikan di Twitter.

Cara membuat Receiptify

  • Kunjungi link Receiptify ini https://receiptify.herokuapp.com/.
  • Kemudian, pilih menu “Spotify” dan lakukan login akun Spotify dengan memasukkan username dan password.
  • Setelah berhasil login akun, Receiptify bakal menyajikan gambar setruk yang berisi peringkat lagu, musisi, atau genre yang sering Anda dengarkan di Spotify dalam sebulan terakhir, enam bulan terakhir, atau sepanjang waktu.
  • Gambar tersebut bisa diunduh dengan klik opsi “Download” untuk nanti dibagikan ke media sosial seperti Twitter.

Ilustrasi cara membuat Receiptify.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Receiptify.

Baca juga: Cara Bikin Spotify Session dengan Mudah buat Dengarkan Musik Bareng Teman

Cukup mudah bukan untuk membuat Receiptify? Sementara itu, perlu untuk diketahui, layanan Receiptify sendiri dikembangkan dengan memakai Web API dari Spotify atau biasa disebut juga dengan Spotify API.

Spotify API sendiri adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk menjembatani permintaan atau perintah pengguna di layar aplikasi dengan server Spotify.

Lewat program perangkat lunak tersebut, pengembang pihak ketiga bisa membuat layanan eksternal (di luar Spotify) dengan mengambil data pengguna yang berasal dari server atau database Spotify, seperti yang dilakukan oleh Receiptify.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.