Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pre-order Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 di Indonesia Naik 2 Kali Lipat

Kompas.com - 01/09/2022, 20:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Periode pemesanan (pre-order) Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 segera berakhir hari ini, Kamis (1/9/2022) pukul 23.59 WIB. Keran pre-order tersebut sudah dibuka sejak 10 Agustus 2022.

Selama periode pre-order tersebut, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengatakan bahwa peminat Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya, Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3.

Tanpa menyebutkan jumlah unit yang terjual selama pre-order, Verry mengatakan, pre-order Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

"Angkanya belum bisa kami bagikan, tapi hasil (pre-order Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4) dua kali lipat dibandingkan sebelumnya," kata Verry ditemui KompasTekno usai acara Local Launch di Jakarta Selatan, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Dijual di Indonesia 2 September, Ini Bonusnya

Menurut dia, proporsi jumlah pre-order Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 tahun ini secara garis besar terbilang sama, yaitu 50:50 (setengah-setengah).

"Tapi, (jumlah pre-order) Galaxy Z Flip 4 sedikit lebih banyak. Namun secara garis besar, ya hampir 50:50. Galaxy Z Flip 4 sedikit lebih tinggi karena kami punya warna eksklusif dan edisi BeSpoke," kata Verry.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus (kanan) dan Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Nurul Maulina (kiri), saat hadir di acara Local Launch, Kamis.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus (kanan) dan Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Nurul Maulina (kiri), saat hadir di acara Local Launch, Kamis.
2 faktor pendorong

Menurut Verry, ada beberapa faktor yang membuat Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip lebih "laris" saat masa pre-order, dibandingkan pendahulunya.

Pertama, soal harga. Samsung Galaxy Z Flip 4 kini lebih murah Rp 1 juta dari harga Galaxy Z Flip 3 pada saat peluncurannya tahun lalu. Misalnya, Galaxy Z Flip 4 varian 8/128 GB dijual Rp 14 juta. Galaxy Z Flip 3 dengan kapasitas memori yang sama sebelumnya dijual seharga Rp 15 juta.

Baca juga: Samsung Sebut Pemesanan Z Fold 4 dan Z Flip 4 Lampaui Generasi Sebelumnya

Sementara, Galaxy Z Fold 4 dijual dengan harga yang sama seperti Galaxy Z Fold 4. Namun, kini, Galaxy Z Fold 4 juga tersedia dalam varian memori 12 GB/ 1 TB seharga Rp 31 juta.

Selain karena harga yang sama bahkan lebih murah dibanding sebelumnya, faktor keduanya adalah duo Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 juga membawa berbagai fitur baru dan canggih.

"Misalnya, dari segi chipset, keduanya sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1," kata Verry.

Chipset tersebut lebih baru dan ngebut dibandingkan Snapdragon 888 yang digunakan di Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Dari segi performa, chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 itu diklaim 10 persen lebih “ngebut” dibanding Snapdragon 8 Gen 1 di Galaxy S22 series.

Selain chipset, Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 juga kompak dibekali fitur baru bernama Nightography. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di lini Samsung Galaxy S22 Series yang dirilis Maret lalu.

Baca juga: Alasan Samsung Hanya Bawa 5 Kombinasi Warna Galaxy Z Flip 4 Bespoke Edition ke Indonesia

Nightography sebenarnya serupa dengan mode malam pada berbagai smartphone.

Dalam praktiknya, Nightography adalah cara Samsung dalam merancang hardware maupun software Galaxy S22 series, agar mampu menghasilkan foto maupun video yang bagus dalam kondisi cahaya rendah seperti saat malam hari.

Namun Samsung mengklaim fitur Nightography pada Galaxy Z Flip 4 dapat menghasilkan hasil foto 65 persen lebih terang. Sementara Nightography Galaxy Z Fold 4 disebut 23 persen lebih terang dibanding yanga ada di Galaxy Z Fold 3.

Jika penasaran bagaimana spesifikasi lengkap Samsung Galaxy Z Fold 4, bisa menyimak artikel berikut. Sementara untuk spesifikasi Galaxy Z Flip 4, bisa dilihat di tabel berikut.

Apabila berminat membeli duo ponsel lipat Samsungn terbaru, tidak ada salahnya untuk melihat dulu hands-on Galaxy Z Fold 4 di artikel ini dan kesan pertama menggenggam Galaxy Z Flip 4 di artikel berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com