Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup WA di Indonesia Sudah Bisa Tampung 512 Anggota

Kompas.com - 02/09/2022, 07:30 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp akhirnya meluncurkan pembaruan aplikasi untuk pengguna di Indonesia. Pembaruan tersebut meliputi dukungan anggota grup WhatsApp sampai 512 anggota. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari sebelumnya hanya 256 anggota.

Pantauan KompasTekno, peningkatan jumlah anggota yang ditampung grup WhatsApp sudah bisa dicoba oleh pengguna WhatsApp di Indonesia, baik versi iOS maupun Android.

Untuk versi iOS, dukungan ini hadir pada WhatsApp versi 22.18.76. Adapun di Android, tersedia pada versi 2.22.18.75.

Ketika dijajal untuk membuat grup pada WhatsApp versi iOS, terdapat keterangan bahwa pengguna bisa menambahkan anggota grup sampai 512.

Baca juga: Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Kirim File 2 GB

Dengan kata lain, dukungan tersebut sudah bisa digunakan di Indonesia. Keterangan itu sendiri muncul ketika penambahan anggota, sebelum grup dibuat.

WhatsApp Grup bisa tampung 512 anggotaKompas.com/Lely Maulida WhatsApp Grup bisa tampung 512 anggota
Sayangnya, keterangan yang sama tidak muncul ketika KompasTekno mencoba membuat grup di WhatsApp versi Android.

Meski demikian, absennya keterangan itu tidak serta-merta menghilangkan dukungan yang sama untuk pengguna WhatsApp versi Android.

Sebab, dengan dirilisnya pembaruan ini di Google Play Store, pengguna WhatsApp versi Android sedianya sudah didukung kemampuan yang sama untuk menambahkan anggota grup sampai 512 orang.

Peningkatan jumlah anggota grup WhatsApp sendiri sudah diumumkan WhatsApp sejak pertengahan Juni 2022. Namun, perilisannya digulirkan secara bertahap. Pada akhirnya fitur ini sudah tersedia dan bisa digunakan oleh pengguna di Indonesia.

Pada Mei lalu, WhatsApp mengaku dukungan peningkatan anggota grup ini merupakan salah satu permintaan yang amat dinanti pengguna WhatsApp.

Fitur baru lainnya

Pantauan KompasTekno, Jumat (2/9/2022), selain menghadirkan dukungan anggota grup sampai 512 orang, WhatsApp juga menghadirkan pembaruan lainnya untuk pengguna di Indonesia.

Pembaruan itu meliputi kapasitas kirim file sampai 2 GB. Ukuran ini naik dari semula hanya 100 MB.

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir akibat “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam”

Ada pula fitur mute ketika panggilan video grup hingga dukungan emoji reactions menggunakan beragam emoji.

Semua fitur itu sudah bisa dipakai pengguna di Indonesia tanpa melakukan update manual. Pembaruan ini juga digulirkan WhatsApp baik untuk pengguna iOS maupun Android.

Serupa dengan dukungan peningkatan anggota grup, beberapa fitur baru ini juga sudah digulirkan WhatsApp sebelumnya di AS, tetapi baru mendarat di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com