Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone dan iPad Lawas Wajib Update ke iOS 12.5.6 untuk Tambal Kemanan

Kompas.com - 02/09/2022, 08:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple menggulirkan pembaruan untuk iPhone dan iPad model lawas. Pembaruan ini hadir memuat dukungan perbaikan kerentanan iPhone dan iPad lawas, seperti dirilis Apple untuk beberapa perangkat baru perusahaan.

Perangkat lawas yang kebagian pembaruan ini yaitu perangkat yang hanya bisa update OS mentok sampai iOS 12. Rincian perangkatnya meliputi:

Bagi Anda pengguna perangkat model di atas dianjurkan untuk segera menginstal pembaruan atau mengecek menu pengaturan untuk memeriksa update iOS versi 12.5.6.

Baca juga: 4 Penyebab serta Cara Mengatasi Tidak Bisa Update WhatsApp di Android dan iOS

Adapun kerentanan keamanan yang ditambal dalam pembaruan ini terdiri dari dua macam, akan tetapi keduanya sama-sama berupaya mendapatkan akses penuh ke produk Apple yang berjalan dengan OS lawas.

Kerentanan pertama memengaruhi WebKit yang menggerakkan peramban Safari. Kedua yaitu kerentanan yang menargetkan kernel, yaitu inti sistem operasi dan berpeluang memberikan kendali penuh akan sistem yang terkait.

Menurut Apple, praktik eksploitasi bisa dilakukan hacker dengan meminta pengguna mengunjungi konten web yang dirancang khusus dengan tujuan jahat. Dari situ, peretas bisa meluncurkan kode dan menyerang pengguna.

Apple juga menyatakan bahwa praktik tersebut dijalankan secara aktif oleh peretas, sehingga menyarankan pengguna untuk segera melakukan pembaruan.

Kerentanan ini awalnya ditemukan oleh peneliti keamanan anonim yang melaporkan temuannya ke Apple, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Tak Update iOS pada iPhone? Begini 3 Dampaknya

Pembaruan iOS 12.5.6 sendiri memiliki ukuran sebesar 275,5 MB. Pengguna perangkat iPhone dan iPad lawas sedianya sudah mendapat notifikasi pembaruan.

Namun apabila Anda belum menemukannya, pembaruan itu Anda dapat diperiksa melalui menu Pengaturan/Settings > General > Software Update. Dari situ, Anda akan mendapati informasi versi OS yang digunakan.

Dilansir dari Apple Insider, pembaruan iOS 12.5.6 merupakan pembaruan pertama iOS 12 sejak September 2021. Saat itu Apple menambal masalah yang memungkinkan PDF< konten web dan aplikasi yang diranjang dengan misi jahat untuk mengeksekusi kode.

Apple sendiri sebenarnya sudah menghadirkan tambalan kerentanan WebKit dan kernel OS-nya melalui iOS 15.6.1. Namun beberapa perangkat lawas yang di sebutkan di atas tidak dapat update ke iOS 15. Untuk itu perusahaan menghadirkan pembaruan melalui iOS 12.5.6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com