Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Y16 Resmi di Indonesia dengan Baterai 5.000 mAh, Ini Harganya

Kompas.com - 02/09/2022, 10:45 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dirilis di pasar Malaysia beberapa hari lalu, Vivo Y16 akhirnya resmi dibawa ke pasar Indonesia. Ponsel ini masuk dalam kategori kelas menengah dengan harga mendekati Rp 2 juta.

Product Manager Vivo Indonesia, Gilang Pamenan, mengatakan ponsel ini hadir dengan beragam peningkatan demi menunjang aktivitas pengguna sehari-hari.

"Melengkapi generasi Y-Series lainnya, kami menghadirkan Vivo Y16 dengan serangkaian inovasi teknologi yang relevan dengan kebutuhan konsumen masa kini dengan peningkatan dari segi desain, kamera, dan performa," ujar Gilang dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (2/9/2022).

Pembaruan desain yang disebut Gilang bisa dilihat ketika pengguna mengamati bagian punggung Vivo Y16.

Baca juga: Vivo V25e Diam-diam Meluncur, Ponsel Menengah yang Bisa Berubah Warna

Sisi tersebut kini dibekali dengan dua kamera dengan dimensi besar. Kedua kamera tersebut masing-masing beresolusi 13 MP dan 2 MP (macro).

Selain kamera, desain punggung ponsel ini juga mengadopsi tampilan mengilap yang dilapisi dengan finishing Crystalline AG Matte.

Dengan lapisan tersebut, Vivo mengeklaim punggung Vivo Y16 akan tetap bersih, lantaran tahan terhadap bekas sidik jari dan debu.

Teknologi finishing ini dipadukan dengan Vivo Dynamic Color, yang akan membuat cangkang ponsel ini bisa berubah warna apabila dilihat dari sisi yang berbeda.

Spesifikasi dan harga Vivo Y16 di Indonesia

Vivo Y16.Vivo Vivo Y16.
Beralih ke bagian depan, Vivo Y16 mengusung layar IPS berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD Plus.

Layar yang memiliki bezel cukup tebal di bagian bawah ini dihiasi dengan notch alias "poni" konvensional berbentuk waterdrop, yang memuat kamera selfie beresolusi 5 MP.

Pada sektor hardware, Vivo Y16 ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P35 yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan media penyimpanan (storage) 32 GB.

Sedangkan pada aspek software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dilapisi dengan tampilan antarmuka (UI) Funtouch OS12.

Di segi baterai, Vivo Y16 ditopang dengan baterai yang cukup besar di kelasnya, yaitu dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini bisa diisi dayanya melalui konektor USB-C dengan daya 10 watt.

Fitur pendukung lainnya di ponsel terbaru Vivo ini mencakup sensor pemindai sidik jari Ultra Fast Side Fingerprint yang dibenamkan di tombol power, serta tingkat ketahanan terhadap cipratan air dengan rating IPX3.

Baca juga: Vivo Y22s Resmi dengan Kamera 50 MP, Harga Rp 3 Jutaan

Ada pula fitur Multi Turbo 5.5, Ultra Game Mode, dan Cooling System dengan teknologi terbaru yang diklaim dapat meningkatkan pengalaman pengguna ketika ponsel dipakai untuk bermain game.

Di Tanah Air, Vivo Y16 memiliki dimensi ketebalan 8,2 mm dan hadir dalam varian warna Stellar Black dan Drizzling Gold.

Ponsel ini dijual dengan harga Rp 1,8 juta dan sudah bisa dipesan di situs Vivo.com melalui program "Selling Day" yang sudah dimulai pada 2 September hari ini.

Setiap pemesanan Vivo Y16 pada program Selling Day, konsumen bisa menikmati beragam benefit yang ditawarkan Vivo Indonesia, yaitu berupa VIP Prime serta aksesori Vivo senilai Rp 200.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com