Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Mute Peserta Grup Call WhatsApp Hadir di Indonesia

Kompas.com - 02/09/2022, 11:25 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Whatsapp di Indonesia kini sudah mendapatkan penambahan fitur baru. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membisukan suara (mute) pengguna lain saat melakukan panggilan suara di grup (group call).

Sebelumnya, bila sedang melakukan group call, pengguna hanya dapat membisukan suara (mute and unmute) sendiri. Adanya pembaruan ini, group call bisa lebih kondusif dibanding sebelumnya.

Sebab, terkadang ada beberapa pengguna yang melakukan panggilan suara di luar ruangan. Sehingga suara bising di lingkungan tersebut turut masuk dan terdengar oleh seluruh pengguna di dalam telepon. Hal ini dianggap cukup mengganggu proses komunikasi.

Baca juga: Google Meet Bakal Punya Fitur Mute-Unmute Mirip Zoom

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Jumat (2/9/2022), fitur ini telah hadir di Whatsapp Android dengan versi 2.22.17.76 dan Whatsapp iOS versi 22.18.76.

Cara mute di group call Whatsapp (KOMPAS.com/CAROLINE SASKIA TANOTO)KOMPAS.com Cara mute di group call Whatsapp (KOMPAS.com/CAROLINE SASKIA TANOTO)

Saat diuji coba langsung oleh tim KompasTekno, group call yang dilakukan sudah menambahkan opsi untuk membisukan suara pengguna lain. Pilihan tersebut akan muncul ketika pengguna mengetuk dan menahan (tap and hold) kolom dari anggota grup yang ingin dibisukan.

Nantinya, akan muncul pilihan “Mute (nama kontak)” dan “Message (nama kontak)”. Jadi, selain pilihan membisukan suara, pengguna juga bisa langsung mengirimkan pesan langsung ke kontak tertentu dengan memilih “Message”.

Baca juga: Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Kirim File 2 GB

Sedangkan, untuk membisukan suara, pengguna perlu memilih “Mute (nama kontak)”. Setelah itu, anggota grup yang dipilih bakal dibisukan suaranya dan bakal muncul notifikasi pemberitahuan.

Ilustrasi group call Whatsapp (KOMPAS.com/CAROLINE SASKIA TANOTO)KOMPAS.com Ilustrasi group call Whatsapp (KOMPAS.com/CAROLINE SASKIA TANOTO)

Notifikasi tersebut berisikan bahwa "Suara Anda telah dibisukan oleh anggota tertentu", yang tertulis “You’ve been muted by (nama kontak)”. Jadi, seluruh anggota grup yang membisukan suara pengguna lain, akan muncul notifikasi serupa juga.

Kendati begitu, pengguna yang sudah membisukan suara pengguna lain, tidak bisa kembali menyalakan suara pengguna itu. Whatsapp, dalam hal ini, tidak menyajikan fitur “unmute”.

Sehingga, pengguna yang dibisukan suaranya harus mematikan fitur “mute” tersebut secara mandiri. Agar bisa kembali berkomunikasi dengan anggota lain.

Fitur baru lainnya

Selain bisa membisukan suara, Whatsapp juga meningkatkan kapasitas dari jumlah anggota grup menjadi 512 orang.

Baca juga: Google Mulai Gabungkan Aplikasi Video Call Duo dan Meet

Di versi sebelumnya, pengguna hanya bisa memasukkan 256 orang saja. Peningkatan yang dilakukan Whastapp bertambah dua kali lipat dari versi sebelumnya.

Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan file atau dokumen dengan ukuran maksimal 2 GB dalam sekali kirim.

Pembaruan tersebut memungkinkan pengguna mengirimkan dokumen dengan ukuran file 20 kali lipat dibanding sebelumnya. Sebab, di versi lama, pengguna hanya dapat mengirimkan file berukuran 100 MB saja.

Untuk dapat menikmati sejumlah fitur baru ini, pengguna harus terlebih dahulu melakukan pembaruan aplikasi (update) di toko resmi aplikasi Google Playstore (Android) ataupun Apple App Store (iPhone).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com