Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Nokia T21 Resmi, Layar 10 Inci dan Baterai 8.200 mAH

Kompas.com - 02/09/2022, 14:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - HMD Global, pemilik lisensi dan merek Nokia, resmi meluncurkan perangkat tablet terbarunya yang bernama Nokia T21 di pasar global.

Seperti namanya, tablet Android ini merupakan penerus Nokia T20 yang diluncurkan tahun lalu. Sebagai penerus, Nokia T21 tentunya dibekali dengan sejumlah peningkatan.

Pada sektor desain, misalnya, tampilan tablet tersebut kini lebih segar dan modern, lantaran cangkangnya kini dihiasi dengan dua warna yang berbeda.

Kedua warna ini merupakan perpaduan antara abu-abu gelap dan abu-abu terang, dan HMD Global menyebutnya dengan varian warna Charcoal Gray.

Masih di bagian belakang, di sisi ini terdapat sebuah modul persegi yang memuat kamera beresolusi 8 MP dan LED flash untuk keperluan memotret di kondisi minim cahaya.

Beralih ke bagian depan, Nokia T21 mengadopsi layar IPS LCD berukuran 10,4 inci dengan resolusi 1.200 x 2.000 piksel dan tingkat kecerahan layar (brightness) mencapai 400 nits.

Layar Nokia T21 memiliki rasio yang sama dengan Nokia T20, yaitu 5:3. Namun, rasio layar ke bodinya lebih tinggi dengan angka 79,1 persen, alih-alih 78,9 persen.

Sehingga, layar Nokia T21 sedikit lebih luas dibanding Nokia T20, meski memiliki ukuran yang sama. Pada bagian atas layar tablet teranyar Nokia ini, terdapat kamera selfie beresolusi 8 MP.

Baca juga: HP Halu Nokia Edge 2022 Disebut Mirip iPhone 13 Pro, Ini 5 Faktanya

Spesifikasi Nokia T21

Untuk menunjang performa, Nokia T21 ditenagai dengan chipset Unisoc Tiger T612 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan dua opsi media penyimpanan (storage) 64 GB dan 128 GB.

Pada aspek daya, tablet terbaru HMD Global ini ditopang dengan baterai berkapasitas yang cukup besar, yaitu 8.200 mAh, yang mendukung pengisian cepat berdaya 18 watt.

Di sisi software, tablet ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12. HMD Global memberikan jaminan selama dua tahun untuk upgrade OS Android, serta tiga tahun untuk pembaruan keamanan.

Fitur pendukung lainnya di tablet ini mencakup dukungan pena digital (stylus), dukungan kartu microSD hingga 512 GB, NFC, stereo speaker, hingga dukungan lubang audio 3.5mm.

Ada pula tingkat ketahanan terhadap air dan dan debu dengan rating IP52, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (2/9/2022).

Di pasar global, Nokia T21 hadir dalam varian WiFi dan 4G/LTE. Tablet ini tersedia dalam satu varian warna Charcoal Grey dan dijual dengan harga mulai dari 239 euro atau sekitar Rp 3,5 juta.

Belum ada informasi apakah tablet terbaru Nokia itu akan dipasarkan di luar wilayah Eropa, termasuk Indonesia, atau tidak.

Baca juga: Tablet Nokia T10 Meluncur, Harga Mulai Rp 2 Jutaan dan Ada Versi LTE

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com