Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Komponen Hardware, Software, dan Brainware dalam Komputer

Kompas.com - 04/09/2022, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam komputer terdapat tiga komponen sistem komputer yang utama dan penting. Pertama yaitu software, hardware, dan brainware. Ketiganya merupakan sistem yang membangun fungsi komputer untuk membantu pengguna menunjang beragam kegiatannya.

Ketiga komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun dapat menyatukan seluruh sistem komputer. Untuk mengetahui fungsi dari masing-masing ketiga komponen tersebut berikut ini KompasTekno merangkumnya dari laman Computer Hope.

Baca juga: 8 Jenis Perangkat Lunak Jaringan Komputer, serta Pengertian dan Contohnya

Hardware

Logitech Signature K650 Wireless Comfort Keyboard.Logitech Logitech Signature K650 Wireless Comfort Keyboard.

Hardware adalah digambarkan sebagai komponen fisik apa pun dari sistem komputer yang berisi papan sirkuit , IC , atau elektronik lainnya.

Tanpa hardware apa pun, komputer Anda tidak dapat berfungsi dengan baik dan software tidak dapat digunakan. Beberapa contoh dari hardware adalah mouse, keyboard, monitor, RAM, dan lainnya.

Sejatinya hardware terbagi menjadi empat bagian yaitu input device, output device, processing device, dan storage device.

Input device

Input device adalah perangkat keras yang memiliki fungsi untuk memasukkan perintah dan data dalam sebuah sistem komputer.

Data yang sudahg masuk akan dikonversi menjadi kode binary sehingga bisa dibaca oleh memori komputer. Contoh perangkat ini adalah keyboard, mouse, scanner, dan webcam.

Processing device data

Perangkat ini berfungsi untuk mengolah data dari input device. Proses ini biasanya dilakukan oleh Centra Processing Unit (CPU).

CPU berguna untuk menjalankan data dan perintah ke bagian software. Komponen CPU biasanya terdiri dari prosesor, RAM, kartu VGA, hard disk, mother board, dan cooling fan.

Output device

Setelah data melewati tahap pemrosesan, data akan dikeluarkan dengan keluaran berupa gambar, video, dan audio. Proses ini biasanya dikeluarkan melalui monitor, headphone, speaker, dan lainnya.

Storage device

Storage device atau perangkat penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data untuk bisa dibuka dan diproses kembali. Storage device terdiri dari dua jenis yaitu internal storage dan eksternal storage.

Internal storage yaitu penyimpanan yang melekat pada CPU dan terdiri atas RAM dan CPU. Sedangkan eksternal storage adalah jenis penyimpanan yang dapat dilepas dari sistem hardware komputer. Contoh dari penyimpanan ini adalah CD, DVD, dan flashdisk.

Baca juga: Pengertian Komponen Komputer: Input Output Processing dan Storage Device

Software

cara impor bookmark dari Chrome ke FirefoxPixabay cara impor bookmark dari Chrome ke Firefox

Software adalah seperangkat instruksi, data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com