Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 Belum Meluncur, Bocoran iPhone 15 Sudah Muncul

Kompas.com - 04/09/2022, 19:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - iPhone 14 series baru akan dirilis pada 7 September mendatang. Namun, meski iPhone 14 belum meluncur, bocoran mengenai penerusnya yakni iPhone 15 sudah muncul.

iPhone 15 disinyalir akan meluncur pada 2023 mendatang. Sesuai tradisi, iPhone 15 juga diprediksi hadir pada bulan September.

Konon, iPhone 15 series nanti bakal mengikuti strategi yang sama dengan iPhone 14. Sebagai contoh, iPhone 15 bakal memiliki perbedaan spesifikasi dari segi desain dan chipset pada versi “reguler” dan “pro”.

Belum dipastikan apakah seluruh model iPhone 15 bakal mengusung model layar yang sama. Akan tetapi iPhone 15 “Pro” diyakini bakal mengusung layar OLED dengan model punch hole di bagian tengah layar dan disertai kamera zoom periskop 6x.

Baca juga: Perkiraan Harga iPhone 14, untuk Versi Non-Pro Dijual Mulai Rp 11 Jutaan?

Sedangkan, kamera belakangnya disebut akan memiliki resolusi 48 MP sebagai kamera utama, dan 12 MP kamera ultra-wide 1,4 mikron.

iPhone 15 versi “pro” ini disebut bakal mengandalkan chipset A17 Bionic dengan fabrikasi 3 nm. Sejumah bocoran mengatakan bahwa Apple hanya akan membenamkan chipset terbarunya untuk iPhone 15 versi Pro dan Pro Max.

Sementara versi “reguler” masih akan diotaki oleh chipset A16 Bionic, SoC yang sama seperti iPhone 14.

Apabila prediksi ini benar, maka iPhone 15 "Pro" bakal jadi ponsel pertama yang mengandalkan chipset dengan fabrikasi 3nm.

Pasalnya, di kategori smartphone Android pun belum ada yang menggunakan chipset dengan fabrikasi tersebut. Qualcomm dan MediaTek yang biasanya menjadi andalan ponsel Android, diprediksi baru akan merilis chipset 3 nm sekitar akhir 2023 nanti.

Artinya, kemungkinan besar ponsel Android dengan chip 3 nm baru akan tersedia pada 2024.

Dikutip KompasTekno dari GizChina, Minggu (4/9/2022), perusahaan perakit chip Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), mengatakan bahwa chip 3 nm milik Apple akan segera diproduksi massal.

Bakal pakai port USB-C?

Analis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo, beberapa waktu lalu juga mengungkap sejumlah prediksinya terkait iPhone 15.

Ming-chi Kuo sendiri kerap memberikan prediksi yang akurat terkait produk-produk Apple. Ia mengatakan Apple akan mulai beralih ke port USB-C di iPhone 15.

Baca juga: Mengecas iPhone 14 Bakal Lebih Ngebut dari iPhone Sebelumnya?

Dugaan ini tidak hanya diungkap oleh Kuo saja. Reporter teknologi Bloomberg, Mark Gurman, juga menyatakan pendapat yang serupa. Ia mengatakan bahwa iPhone 15 akan menggunakan port USB-C pada 2023.

Sejumlah spekulasi ini mungkin juga sejalan dengan undang-undang Uni Eropa yang mewajibkan seluruh perangkat menggunakan port USB-C untuk mengisi daya.

Mengingat, produksi iPhone juga nantinya akan diluncurkan ke wilayah Eropa. Jadi, perubahan slot port pengisian daya pada iPhone dianggap sebagai bentuk kepatuhan perusahaan terhadap undang-undang yang disahkan oleh Uni Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com