Pelaku Penipuan Kripto Terancam Hukuman 40.000 Tahun Penjara

Kompas.com - 05/09/2022, 08:02 WIB
Penulis Lely Maulida
|

 

KOMPAS.com - Setelah satu tahun menjadi buronan, pendiri bursa kripto Thodex, Faruk Fatih Ozer akhirnya ditangkap di kota Vlorë, Albania.

Fatih Ozer melarikan diri dan membawa dana investasi cryptocurrency senilai 2 miliar dollar AS (Rp 29,7 triliun). Akibat kejahatannya itu, Fatih Ozer dan beberapa eksekutif Thodex lainnya terancam hukuman maksimal 40.564 tahun.

Kejahatan Fatih Ozer bermula saat popularitas perusahaan crypto exchange atau tempat pertukaran mata uang kripto yang ia dirikan melonjak pesat. 

Bursa kripto bernama Thodex itu ia banguns sejak 2017 dan kian populer di Turki. Bahkan perusahaan tersebut juga populer di kalangan pengguna yang awam dengan kripto.

Baca juga: Perusahaan Kripto Salah Transfer Rp 100 Miliar, Baru Sadar Setelah 7 Bulan

Melonjaknya popularitas Thodex dipicu oleh penurunan nilai mata uang Turki dalam beberapa tahun terakhir.

Adapun mereka yang menggunakan Thodex adalah orang-orang yang ingin mengalihkan asetnya ke sesuatu yang dinilai lebih stabil. Sayangnya keputusan itu justru menjadi bumerang.

Sejak didirikan, Thodex memiliki sekitar 700.000 ribu pengguna di Turki. Namun, pada April 2021, perusahaan yang didirikan Fatih Ozer itu tiba-tiba menghentikan perdagangan kripto dengan dalih adanya investasi dari luar yang menuntut Thodex menyetop operasinya hingga lima hari.

Tidak lama setelah itu, Fatih Ozer kemudian mengeklaim jika perusahaannya harus menyetop operasional sepenuhnya karena serangan siber.

Pendiri bursa kripto Thodex, Faruk Fatih OzeriLKHA Pendiri bursa kripto Thodex, Faruk Fatih Ozer
Saat itu Fatih Ozer menjanjikan bahwa dana pengguna tetap aman. Namun, janji tersebut nyatanya palsu karena para pengguna kehilangan akses dan dana yang ada di akun Thodex mereka.

Kepolisian Turki kemudian menahan 62 karyawan Thodex, dan menyita komputer perusahaan serta membekukan platformnya, akan tetapi Fatih Ozer kabur ke Albania bersama dana investor dan pengguna senilai 2 miliar dolar AS.

Baca juga: Proyek Game NFT Mandek Akibat Pasar Kripto Anjlok

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.