Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Redmi A1 Meluncur Tanpa MIUI?

Kompas.com - Diperbarui 06/09/2022, 07:44 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi bakal segera memperkenalkan smartphone entry level terbarunya, yang bernama Redmi A1. Bocoran spesifikasi Redmi A1 mulai berseliweran di dunia maya.

Salah satu bocoran yang ditemukan dinilai cukup unik. Sebab, Xiaomi yang sempat dirumorkan bakal bikin sub-brand ponsel baru yang menggunakan Android Stock, ternyata tidaklah demikian.

Dikarenakan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android kali ini adalah ponsel bikinan Xiaomi langsung.

Alih-alih menggunakan sistem antarmuka MIUI yang selama ini wajib di ponsel Xiaomi, Redmi A1 dilaporkan bakal berjalan dengan sistem operasi (OS) "Android murni" versi Android Go.

Baca juga: Inikah Ponsel Android Go Pertama Xiaomi?

Android Go merupakan OS yang lebih ringan dibanding Android biasa. Sehingga aplikasi yang dimuat nantinya adalah aplikasi-aplikasi ringan sumber daya. Sebut saja, Google Go, Google Maps Go, Youtube Go, dan sebagainya. Nah, pasalnya OS Android Go memang didesain untuk mengoptimalkan ponsel dengan spesifikasi rendah.

Adapun desain dan tampilan Redmi A1 yang dihadirkan memiliki kemiripan dengan ponsel bikinan Poco, yaitu Poco M5. Kedua ponsel tersebut sama-sama menggunakan bahan kulit (leather) di bagian punggung dan mendukung speaker stereo di bagian depan layar.

Informasi tersebut ditemukan di situs resmi Xiaomi yang mengungkapkan bahwa peluncuran bakal dilakukan besok, 6 September 2022 di India. Oleh karena itu, menjelang pelunucuran resminya, simak rincian bocoran spesifikasi Redmi A1 berikut ini sebagai gambaran.

Bocoran spesifikasi Redmi A1

Redmi A1 mengusung layar berpanel LCD HD Plus dengan bentang seluas 6,52 inci. Resolusi layar 1.600 x 720 piksel dengan perbandingan rasionya 20:9. Di bagian layar depan, perangkat menggunakan model notch seperti tetesan air sebagai rumah dari kamera depan (selfie) 5 MP (f/2.2).

Baca juga: Xiaomi Redmi Note Series Mulai Dijual Tanpa Charger, di Indonesia Belum Jelas

Sementara itu di bagian belakang, perangkat hadir dengan dua sensor kamera yang disematkan ke dalam modul kamera yang memiliki sudut membulat di setiap sisinya.

Konfigurasi dari kamera tersebut terdiri dari 8MP kamera utama dan kamera tambahan yang diduga depth sensor (sensor kedalaman). Kedua sensor bakal ditemani dengan lampu kilat LED yang berbentuk sepertil pil.

Di sektor dapur pacu, Redmi A1 mengandalkan rangkaian chip bikinan MediaTek Helio A22 yang dipadankan dengan RAM LPDDR4X dan media penyimpanan berjenis eMMC 5.1.

Tampilan dari Redmi A1Slash Leaks Tampilan dari Redmi A1
Untuk segi ketahanan, perangkat ini memiliki baterai berkapasitas 5.000mAH dengan pengisian daya keluaran 10 watt. Seperti yang dipaparkan sebelumnya, perangkat ini bakal berjalan dengan sistem operasi (OS) Android 12.

Fitur yang didukung perangkat adalah dual-SIM ganda, slot microSD, jack audio 3,5 mm, dan radio FM.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Redmi 10 5G di Indonesia

Dengan dimensi 164,9x76,75x9,09 mm dan bobot 192 gram, Redmi A1 hadir dengan warna-warna pastel. Belum dipastikan apakah ada penambahan warna lain atau tidak, tetapi jika mengacu pada situs Xiaomi ada tiga varian warna. Warna tersebut antara lain Hijau Pastel, Biru Pastel, dan Hitam.

Harga ponsel pintar terbaru ini belum diungkapkan. Namun, bisa dipastikan bahwa ponsel ini bakal segera hadir di India dalam waktu dekat.

Selain India, Redmi A1 juga nampaknya bakal segera hadir di Indonesia. Sebab, perangkat ini sudah muncul dan mengantongi sertifikasi di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenprin) dengan bobot sebesar 40,30 persen.

Mengingat, syarat peluncuran ponsel di Indonesia adalah harus lolos TKDN, kita tinggal menunggu waktu saja peluncuran ini dilakukan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com