Kompas.com - Diperbarui 06/09/2022, 07:44 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi bakal segera memperkenalkan smartphone entry level terbarunya, yang bernama Redmi A1. Bocoran spesifikasi Redmi A1 mulai berseliweran di dunia maya.

Salah satu bocoran yang ditemukan dinilai cukup unik. Sebab, Xiaomi yang sempat dirumorkan bakal bikin sub-brand ponsel baru yang menggunakan Android Stock, ternyata tidaklah demikian.

Dikarenakan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android kali ini adalah ponsel bikinan Xiaomi langsung.

Alih-alih menggunakan sistem antarmuka MIUI yang selama ini wajib di ponsel Xiaomi, Redmi A1 dilaporkan bakal berjalan dengan sistem operasi (OS) "Android murni" versi Android Go.

Baca juga: Inikah Ponsel Android Go Pertama Xiaomi?

Android Go merupakan OS yang lebih ringan dibanding Android biasa. Sehingga aplikasi yang dimuat nantinya adalah aplikasi-aplikasi ringan sumber daya. Sebut saja, Google Go, Google Maps Go, Youtube Go, dan sebagainya. Nah, pasalnya OS Android Go memang didesain untuk mengoptimalkan ponsel dengan spesifikasi rendah.

Adapun desain dan tampilan Redmi A1 yang dihadirkan memiliki kemiripan dengan ponsel bikinan Poco, yaitu Poco M5. Kedua ponsel tersebut sama-sama menggunakan bahan kulit (leather) di bagian punggung dan mendukung speaker stereo di bagian depan layar.

Informasi tersebut ditemukan di situs resmi Xiaomi yang mengungkapkan bahwa peluncuran bakal dilakukan besok, 6 September 2022 di India. Oleh karena itu, menjelang pelunucuran resminya, simak rincian bocoran spesifikasi Redmi A1 berikut ini sebagai gambaran.

Bocoran spesifikasi Redmi A1

Redmi A1 mengusung layar berpanel LCD HD Plus dengan bentang seluas 6,52 inci. Resolusi layar 1.600 x 720 piksel dengan perbandingan rasionya 20:9. Di bagian layar depan, perangkat menggunakan model notch seperti tetesan air sebagai rumah dari kamera depan (selfie) 5 MP (f/2.2).

Baca juga: Xiaomi Redmi Note Series Mulai Dijual Tanpa Charger, di Indonesia Belum Jelas

Sementara itu di bagian belakang, perangkat hadir dengan dua sensor kamera yang disematkan ke dalam modul kamera yang memiliki sudut membulat di setiap sisinya.

Konfigurasi dari kamera tersebut terdiri dari 8MP kamera utama dan kamera tambahan yang diduga depth sensor (sensor kedalaman). Kedua sensor bakal ditemani dengan lampu kilat LED yang berbentuk sepertil pil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.