Kompas.com - 06/09/2022, 07:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Tak hanya vendor smartphone, perusahaan pembuat laptop juga tampak tertarik membuat perangkat dengan layar yang bisa dilipat (foldable).

Asus baru saja meluncurkan laptop lipat terbarunya, yaitu Zenbook 17 Fold OLED. Laptop ini sebelumnya dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2022 lalu, namun, baru diluncurkan di ajang pameran elektronik IFA 2022 pekan ini.

Secara desain, perangkat ini sebenarnya terlihat seperti tablet yang sangat bongsor dengan panel OLED berukuran 17,3 inci dengan resolusi 2.560 x 1.920 piksel dan rasio layar 4:3.

Namun, layar yang bisa dilipat ke dalam (inward) tersebut memiliki fungsi beragam, tergantung dengan posisi atau mode lipatannya.

Baca juga: ARM Menggugat, Laptop dan Server Qualcomm Terancam

Jika dibentangkan, pengguna bisa memakainya sebagai layar utama yang besar. Layar tersebut bisa dipadukan dengan Bluetooth Keyboard, yang didapat dalam paket pembelian perangkat. Penggunaan ini mirip saat memakai PC biasa.

Laptop lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED ketika memakai Bluetooth KeyboardAsus Laptop lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED ketika memakai Bluetooth Keyboard
Lalu ketika dilipat dengan sudut bentangan 120 derajat, pengguna bisa "menyulap" layar Zenbook 17 Fold OLED sebagai laptop konvensional yang memiliki layar 12,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.280 piksel.

Dalam mode ini, pengguna bisa mengalihfungsikan layar bagian bawah sebagai keyboard virtual atau layar sekunder untuk kepentingan membuka banyak aplikasi alias multitasking.

Apabila layar bagian bawah dipakai untuk multitasking, pengguna bisa memakai Bluetooth Keyboard untuk membantu produktivitas pengguna.

Jika layar bagian bawah tersebut tidak digunakan, pengguna bisa menempelkan Bluetooth Keyboard yang memiliki magnet tersebut ke layar bagian bawah. Sehingga, bentuknya akan seperti laptop konvensional.

Baca juga: Asus Rilis Laptop Vivobook Pro 14 Baru di Indonesia, Harga Rp 11 Jutaan

Laptop lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED ketika dilipat 120 derajat dan layar bawah digunakan untuk multitasking.Asus Laptop lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED ketika dilipat 120 derajat dan layar bawah digunakan untuk multitasking.
Beralih ke sektor hardware, Asus Zenbook 17 Fold OLED ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel i7-1250U yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 16 GB dan media penyimpanan (storage) SSD PCIe 4.0 hingga 1 TB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.