Kompas.com - 06/09/2022, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan milik Meta, WhatsApp, rajin memperbarui spesifikasi minimum perangkat yang ingin menggunakan aplikasinya.

Dengan demikian, sejumlah perangkat dengan spesifikasi dan sistem operasi lawas, tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Nah, lewat situs resminya, pihak WhatsApp mengumumkan bahwa aplikasi WhatsApp hanya akan bisa digunakan di iPhone berbasis iOS 12 atau versi yang lebih baru, terhitung mulai 24 Oktober mendatang.

Artinya, WhatsApp tidak bisa lagi digunakan oleh pengguna yang masih menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS 10 dan iOS 11 mulai bulan depan.

Saat ini, ada segelintir iPhone yang masih mengandalkan kedua versi iOS lawas itu. Sebut saja seperti iPhone 5 (2012), iPhone 5S (2013), iPhone 5C (2013), iPhone 6 (2014), dan iPhone 6S (2015).

Baca juga: Fitur Mute Peserta Grup Call WhatsApp Hadir di Indonesia

Tidak bisa digunakan di iPhone 5 dan iPhone 5C

Untuk bisa tetap menggunakan WhatsApp di iPhone, pengguna iPhone lawas keluaran 2012-2015 tadi wajib melakukan upgrade software ke iOS 12.

Masalahnya, tidak semua model iPhone bisa melakukan upgrade lantaran perangkat sudah tidak mendukung.

Dari kelima perangkat iPhone lawas tadi, hanya iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S saja yang masih bisa melakukan upgrade ke iOS 12 atau yang lebih baru.

Sedangkan, iPhone 5 dan iPhone 5C tidak bisa lagi melakukan upgrade software ke versi yang lebih baru.

Pasalnya, dukungan software di dua model iPhone itu hanya mentok di iOS 10. Artinya, iPhone 5 dan iPhone 5C tidak bisa lagi menjalankan WhatsApp mulai tanggal 24 Oktober 2022.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.