Cara Melihat 16 Digit Nomor Kartu Prakerja di Dashboard dengan Mudah

Kompas.com - 06/09/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Prakerja merupakan program pelatihan kerja yang diselenggarakan pemerintah untuk masyarakat yang tengah mencari kerja. Sebelum bisa mengikuti pelatihan, masyarakat sebagai peserta perlu daftar akun dulu di situs web “prakerja.go.id”.

Seandainya seleksi gelombang pelatihan Prakerja telah dibuka di situs web itu, peserta bisa mulai mendaftarkan diri. Bila dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti gelombang pelatihan, peserta program Prakerja bakal mendapatkan kartu yang terdiri dari 16 digit nomor.

Baca juga: Berapa Lama Sertifikat Pelatihan Muncul di Dashboard Prakerja? Begini Prosesnya

Lalu, di mana melihat nomor kartu Prakerja? 16 digit nomor kartu Prakerja pada dasarnya akan muncul di halaman dashboard situs web “prakerja.go.id”. Namun, nomor kartu Prakerja tersebut tidak muncul secara langsung.

Peserta perlu melakukan beberapa tahapan agar nomor kartu Prakerja bisa muncul di halaman dashboard. Lantas, bagaimana cara melihat 16 digit nomor kartu Prakerja? Bila Anda lolos gelombang pelatihan, berikut adalah cara melihat nomor kartu Prakerja.

Cara melihat nomor kartu Prakerja di dashboard

  • Setelah login akun di “prakerja.go.id” dan dinyatakan lolos gelombang pelatihan, bakal memunculkan tiga video tentang kartu Prakerja di halaman dashboard.
  • Pastikan Anda telah menonton ketiga video tentang kartu Prakerja itu.
  • Setelah menonton video, selesaikan proses penyambungan akun Prakerja dengan nomor rekening bank atau akun dompet digital. Ini dilakukan supaya akun Prakerja bisa menerima bantuan membeli pelatihan kerja dan mendapat insetif biaya mencari kerja.
  • Seandainya telah menonton ketiga video tentang kartu Prakerja dan menyambungkan akun Prakerja dengan nomor rekening bank atau dompet digital, Anda bakal bisa melihat nomor kartu Prakerja di halaman dashboard.

Dari penjelasan di atas, sebenarnya nomor kartu Prakerja untuk apa? Dikutip dari laman resmi Prakerja, nomor kartu tersebut berfungsi untuk membeli paket pelatihan kerja yang tersedia di platform digital mitra Prakerja, seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Untuk memverifikasi pembelian paket pelatihan kerja di platform digital tersebut, peserta bakal diminta memasukkan 16 digit nomor kartu prakerja. Melihat fungsi tersebut, sebaiknya Anda tidak membagikan nomor kartu Prakerja ke orang lain.

Setelah muncul di halaman dashboard, nomor kartu Prakerja perlu dijaga kerahasiannya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang bukan pemilik asli untuk memakai saldo dan membeli paket pelatihan.

Baca juga: Kenapa Dashboard Prakerja Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cukup mudah bukan untuk melihat nomor kartu Prakerja? Demikianlah penjelasan seputar cara melihat nomor kartu Prakerja di halaman dashboard “prakerja.go.id” dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.