Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Bukti Kamera iPhone 14 Pro Lebih Besar dari iPhone 13 Pro?

Kompas.com - Diperbarui 07/09/2022, 09:48 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - iPhone 14 Pro dirumorkan akan hadir dengan lensa kamera yang agak lebih besar dibanding pendahulunya, iPhone 13 Pro. Pengguna di Korea Selatan kini membuktikan rumor tersebut dengan memasang casing iPhone 14 Pro ke iPhone 13 Pro.

Pengguna itu juga membagikan potret iPhone 13 Pro yang dibalut casing iPhone 14 Pro di blog Korea, Naver dengan akun "yeux1122". Ia mengunggah tiga foto, terdiri dari foto perangkat dengan tampilan belakang penuh.

Foto kedua fokus pada kamera belakang iPhone 13 Pro yang dibalut casing iPhone 14 Pro dan foto ketika fokus pada tombol volumenya.

Baca juga: iPhone 14 Belum Meluncur, Bocoran iPhone 15 Sudah Muncul

Berdasarkan gambar yang diunggah akun tersebut, terlihat jelas bahwa ukuran kamera iPhone 13 Pro lebih kecil dibanding casing iPhone 14 Pro.

Peningkatan ukuran kameranya bahkan terlihat pada ketiga kamera belakang ponsel, meliputi lensa wide, ultrawide dan telefoto. Sebab, tiga lubang kamera pada casing iPhone 14 Pro melampaui ukuran kamera iPhone 13 Pro.

Karena ukurannya lebih besar, pemasangan casing iPhone 14 Pro pada iPhone 13 Pro menjadi terlihat tidak simetris.

iPhone 13 Pro dibalut casing iPhone 14 Proyeux1122 iPhone 13 Pro dibalut casing iPhone 14 Pro

Peningkatan ukuran lensa pada iPhone 14 Pro sendiri cukup lama dirumorkan karena Apple kabarnya akan meningkatkan resolusi kamera ponsel anyarnya menjadi 48 MP. Selain resolusinya, Apple juga disebut akan meningkatkan dukungan fotografi saat cahaya minim hingga perekaman video 8K.

Gambar selanjutnya yang diunggah yeux1122 di Naver menunjukkan tombol volume dan tombol daya pada iPhone 13 Pro agar tertutup oleh casing iPhone 14 Pro. Hal ini menjadi indikasi bahwa kedua tombol itu di iPhone 14 Pro kemungkinan dirancang lebih tinggi dibanding pendahulunya, dihimpun dari MacRumors, Selasa (6/9/2022).

iPhone 13 Pro dibalut casing iPhone 14 Proyeux1122 iPhone 13 Pro dibalut casing iPhone 14 Pro

Menilik bocoran desain iPhone 14 Pro yang sudah beredar di internet, ponsel ini tampaknya memang akan hadir dengan bobot yang lebih berat dan dimensi yang lebih tebal. Pasalnya, iPhone 14 Pro disebut-sebut akan hadir dengan baterai yang lebih besar serta komponen kamera yang ditingkatkan.

Namun perlu dicatat bahwa casing iPhone 14 Pro yang digunakan pada iPhone 13 Pro itu hanya casing dummy atau tidak resmi.

Baca juga: Beredar Bocoran Dummy iPhone 14 Pro Max, Poni Diganti Layar Berlubang

Apple sendiri kemungkinan besar akan mengumumkan iPhone 14 series dalam acara Apple Event pada 7 September. Jadi, kepastian ukuran kamera serta spesifikasi iPhone 14 Pro lainnya akan terungkap segera setelah Apple meresmikan ponsel tersebut.

Bocoran spesifikasi iPhone 14

iPhone 14 rumornya akan hadir dalam empat model, maliputi iPhone 14 "reguler", iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Dengan kata lain, tidak ada iPhone versi mini seperti para pendahulunya.

iPhone 14 disebut akan hadir dengan layar 6,1 inci, begitu pula dengan iPhone 14 Pro. Ukuran ini lebih besar dibanding iPhone mini yang biasanya hadir dengan layar 5 inci lebih kecil. Adapun model iPhone 14 Max dan iPhone 14 Pro Max konon akan dibekali layar 6,7 inci.

Gaya layar iPhone 14 juga rumornya akan dibuat berbeda. Duo iPhone 14 "reguler" akan dihias dengan poni layar, lain dengan duo iPhone 14 Pro yang kabarnya akan mengusung layar berlubang alias punch hole.

Pada aspek hardware-nya, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max disebut akan ditenagai chip baru yakni A16 Bionic. Akan tetapi, model lainnya konon akan tetap ditenagai chipset lawas, A15 Bionic.

Baca juga: Mengecas iPhone 14 Bakal Lebih Ngebut dari iPhone Sebelumnya?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com