Kompas.com - 07/09/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Setelah hiatus beberapa tahun, ZTE mengumumkan akan kembali memasarkan smartphone anyar ke Indonesia. Perangkat itu tampaknya akan segera diriilis dalam waktu dekat.

Pasalnya, beberapa smartphone buatan perusahaan asal China itu telah muncul di situs sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kemenperin.

Alih-alih satu, perusahaan yang terdaftar sebagai PT ZTE Indonesia itu mendaftarkan tiga ponsel sekaligus, meliputi ZTE Blade A52, Blade A72, dan Blade V40 Vita.

Ketiganya sudah lolos sertifikasi TKDN dengan nilai TKDN masing-masing 36,5 persen. Sertifikat TKDN untuk semua ponsel itu diterbitkan pada tanggal 5 September lalu, namun dengan nomor sertifikat yang berbeda-beda.

Baca juga: Smartphone ZTE Dipastikan Kembali Dijual di Indonesia

ZTE Blade A52 terdaftar dengan nomor sertifikat 4204/SJ-IND.8/TKDN/9/2022 dan Blade A72 memiliki nomor sertifikat 4205/SJ-IND.8/TKDN/9/2022. Adapun ZTE Blade V40 Vita tercatat lolos TKDN dengan sertifikat nomor 4206/SJ-IND.8/TKDN/9/2022.

TKDN ZTE Blade V40 VitaKemenperin TKDN ZTE Blade V40 Vita

TKDN ZTE Blade A52Kemenperin TKDN ZTE Blade A52

TKDN ZTE Blade A72Kemenperin TKDN ZTE Blade A72

Sayangnya tidak ada keterangan spesifikasi yang cukup rinci dalam laman TKDN Kemenperin. Pada keterangan spesifikasi di laman itu, hanya tertera "GSM/GPRS/EDGE/WCDM A/HSPA+/4G LTE" yang menunjukkan bahwa ketiga ponsel ZTE itu mendukung konektivitas 4G.

Baca juga: Seperti AS, Kanada Juga Akan Blokir Huawei dan ZTE

Rilis Blade A31 Plus juga?

Tak hanya ketiga ponsel di atas, model ponsel ZTE lainnya juga muncul di situs sertifikasi Postel Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Ponsel tersebut yaitu ZTE Blade A31 Plus dengan nomor sertifikat 80985/SDPPI/2022.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (7/9/2022) ZTE Blade A31 Plus memulai debutnya pada Oktober tahun 2021. Ponsel ini tergolong perangkat entry level karena berjalan dengan sistem operasi Android Go.

Sayangnya situs sertifikasi Postel tak mencantumkan spesifikasi ponsel tersebut. Belum diketahui pula apakah spesifikasinya akan sama seperti Blade A31 Plus yang dirilis tahun lalu, atau mendapat penyesuaian.

Sertifikasi Postel ZTE Blade A31 PlusPostel Sertifikasi Postel ZTE Blade A31 Plus

Lain dengan tiga ponsel yang terdaftar di laman TKDN Kemenperin, ZTE Blade A31 Plus di situs sertifikasi Postel didaftarkan oleh PT. Yifang Cargo Mutiara Elektronik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.