Apa Itu Breached Forums yang Terlibat 4 Kasus Kebocoran Data di Indonesia Sebulan Terakhir?

Kompas.com - 07/09/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ramai pemberitaan mengenai Breached Forums lantaran menyangkut empat kasus kebocoran data di Indonesia. Empat kasus tersebut ditemukan di Breached Forums dari akhir Agustus hingga awal September 2022.

Sebagaimana sempat dilaporkan KompasTekno, adapun rincian empat kasus kebocoran data di Indonesia yang ditemukan lewat Breached Forums dalam sebulan terakhir adalah sebagai berikut:

Baca juga: 105 Juta Data KPU Diduga Bocor, Ada NIK, Nomor KK, dan Alamat Warga RI

Daftar kasus kebocoran data di Indonesia sebulan terakhir

  1. Kasus kebocoran 17 juta data pelanggan PLN yang ditemukan pada 19 Agustus 2022 (silakan baca lebih selengkapnya di tautan ini);
  2. Kasus kebocoran 26 juta data pelanggan Indihome yang ditemukan pada 21 Agustus 2022 (silakan baca selengkapnya di tautan ini);
  3. Kasus kebocoran 1,3 miliar data kartu SIM yang ditemukan pada 1 September 2022 (silakan baca selengkapnya di tautan ini);
  4. Kasus kebocoran 105 juta data KPU yang ditemukan pada 6 September 2022 (silakan baca selengkapnya di tautan ini).

Melalui Breached Forums, hacker lantas membagikan berbagai data sensitif milik masyarakat Indonesia, seperti NIK, nomor telepon, alamat rumah, dan lainnya. Data itu tak sekadar dibagikan, namun juga diperjual-belikan dengan harga yang beragam.

Sementara itu, sebagian dari Anda mungkin sempat membaca pemberitaan mengenai Breached Forums yang menyangkut empat kasus kebocoran data di Indonesia tersebut. Meski mungkin sempat membaca, namun tahukah sebenarnya apa itu Breached Forums?

Bila tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan KompasTekno di bawah ini mengenai Breached Forums yang tengah ramai.

Apa itu Breached Forums?

Breached Forums adalah situs web dengan layanan utama berupa forum diskusi online. Sebagai sebuah situs web, Breached Forums beralamatkan di “breached.to” yang bisa diakses secara bebas oleh siapa pun.

Seandainya Anda pernah menggunakan KasKus, Breach Forums juga memiliki skema pengoperasian yang hampir sama dengan forum diskusi online itu. Di Breached Forums, terdapat beberapa kanal forum, seperti kanal General, Marketplace, Tutorials, dan lainnya.

Tangkapan layar tampilan kanal forum di Breached Forums.Breached.to Tangkapan layar tampilan kanal forum di Breached Forums.

Di tiap kanal tersebut, berisi beberapa forum dengan topik khusus terkait. Misal pada kanal Marketplace, terdapat forum dengan topik seperti Leaks Market (jual-beli data yang bocor). Di forum itulah, data sensitif masyarakat Indonesia dibagikan dan diperjual-belikan hacker.

Baca juga: Nasib Warga RI, Dulu Dipaksa Setor Nomor HP dan NIK, Kini Datanya Bocor dan Dijual Online

Dalam hal jual-beli data di Breached Forums, hacker umumnya menggunakan metode transaksi melalui mata uang kripto seperti Ethereum atau Bitcoin, sembari menyertakan tautan kontak Telegram.

Tangkapan layar tampilan forum jual-beli data di Breached Forums. Breached.to Tangkapan layar tampilan forum jual-beli data di Breached Forums.

Selain terdapat forum jual-beli data, Breached Forums juga menyediakan forum lain yang dikelola oleh seorang admin, untuk berdiskusi seputar topik software, hardware, sistem operasi, tutorial pemrograman, dan sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.