Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Samsung Galaxy Z Fold 4: Z Fold 3 yang Lebih Enak Dipandang dan Dipegang

Kompas.com - 07/09/2022, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak salah jika ada yang bilang bahwa ponsel layar lipat terbaru Samsung, Galaxy Z Fold 4 sangat mirip dengan pendahulunya, Samsung Galaxy Z Fold 3.

Sebab, jika dilihat sekilas, faktanya memang bisa dibilang seperti itu. Namun, Samsung memberikan banyak peningkatan di ponsel lipat generasi terbarunya ini.

Beragam pembaruan ini tentunya dihadirkan Samsung demi meyakinkan pengguna bahwa Galaxy Z Fold 4 sebenarnya berbeda dari Galaxy Z Fold 3 dan lebih patut dilirik.

Bagi kami? Ponsel lipat terbaru Samsung ini tetap saja Galaxy Z Fold 3. Bedanya, Galaxy Z Fold 4 kini lebih enak dipandang dan nyaman digenggam.

Kesan ini kami dapat ketika melihat layar utama (main screen) ponsel lipat tersebut, yang memiliki area pandang lebih luas dibanding Z Fold 3. Secara spesifikasi, layar utama Galaxy Z Fold 4 sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama dengan Galaxy Z Fold 3.

Baca juga: Tukar Tambah Galaxy Z Fold 4 atau Z Flip 4, Cek Harga HP Samsung Lama Anda

Keduanya mengadopsi panel Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 7,6 inci, resolusi QXGA Plus, refresh rate 120 Hz, dukungan HDR10 Plus, dan tingkat kecerahan maksimal (brightness) hingga 1.200 nits.

Meski demikian, bezel di sekeliling layar utama Galaxy Z Fold 4 lebih tipis dari Z Fold 3, sehingga terlihat sedikit lebih lega. Samsung mengeklaim ponsel lipat terbarunya ini memiliki rasio layar ke bodi 90,9 persen, alih-alih 88,8 persen pada Galaxy Z Fold 3.

Di samping lebih lega, layar utama Galaxy Z Fold 4 juga terasa seperti layar penuh (full screen) sesungguhnya bak tak memiliki lubang kamera selfie.

Pasalnya, Samsung mengeklaim kamera Under Display beresolusi 4 MP di ponsel lipat itu kini mengemas piksel yang lebih padat, sehingga modulnya bisa disamarkan dan nyaris tak terlihat.

Masih soal layar, sama seperti Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Fold 4 juga dibekali dengan layar sekunder (cover screen) yang bisa dipakai ketika pengguna melipat perangkat tersebut.

Bedanya, bagian kiri pada layar berpanel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,2 inci tersebut kini diperluas, sehingga layar terlihat akan memiliki bezel yang tipis, sama seperti ponsel kebanyakan.

Selain itu, layar yang memiliki resolusi HD Plus dan rasio layar 23.1:9 ini dilapisi dengan kaca Gorilla Glass Victus Plus, lapisan pelindung kaca yang diklaim lebih kuat dari generasi sebelumnya.

Lebih kokoh dan nyaman digenggam

Bagian depan Galaxy Z Fold 4 ketika dilipat. Ponsel ini memiliki layar sekunder berukuran 6,2 inci yang bisa dipakai ketika ponsel dilipat.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Bagian depan Galaxy Z Fold 4 ketika dilipat. Ponsel ini memiliki layar sekunder berukuran 6,2 inci yang bisa dipakai ketika ponsel dilipat.

Berbicara soal ketahanan, Galaxy Z Fold 4 juga terasa lebih kokoh dan memiliki build quality yang lebih baik dibanding Galaxy Z Fold 3. Hal ini berkat bingkai Armor Aluminum yang diperkuat, serta lapisan layar Ultra Thin Glass yang lebih tangguh dibanding generasi sebelumnya.

Selain itu, dimensi engsel (hinge) Z Fold 4 lebih tipis, dan pergerakannya juga terasa lebih mulus dibanding Galaxy Z Fold 3.

Baca juga: Dijual Terpisah, Ini Harga Stylus S Pen Samsung Galaxy Z Fold 4

Dari sisi ketahanan, Samsung mengeklaim ponsel ini kuat dilipat hingga 200.000 kali, sama seperti klaim yang dibuat pada era Galaxy Z Fold 3 tahun lalu.

Kami tentunya tak bisa membuktikan klaim ini, namun sepengalaman kami memakai Galaxy Z Fold 4 selama kurang lebih tiga minggu, layar ini terasa kuat-kuat saja dan masih nyaman dilipat atau dibentangkan.

Ketika layar dibentangkan, pengguna juga masih akan bisa melihat bekas lipatan (crease) yang ada di bagian tengah layar. Namun, crease yang sudah ada sejak generasi pertama ponsel lipat Samsung ini boleh dibilang masih terbilang wajar dan mudah terlupakan seiring penggunaan perangkat.

Ketika dalam mode dlipat atau dibentangkan, Galaxy Z Fold 4 juga lebih nyaman digenggam dibandingkan Galaxy Z Fold 3.

Punggung ponsel lipat ini masih dihiasi dengan lapisan warna yang mampu menghilangkan bekas sidik jari, sehingga cangkang ponsel, yang diklaim lebih kuat karena dilindungi Gorilla Glass Victus Plus, akan tetap bersih.

Di samping itu, kenyamanan menggenggam juga dikontribusi oleh bobot Galaxy Z Fold 4 (263 gram) yang lebih ringan dibanding Galaxy Z Fold 3 (271 gram).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com