Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max Resmi Dirilis

Kompas.com - Diperbarui 08/09/2022, 08:16 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah ditunggu-tunggu, Apple akhirnya resmi merilis iPhone 14 series dalam ajang "Apple Event" yang digelar secara virtual, Kamis dini hari (8/9/2022), pukul 00.00 WIB dengan tema acara “Far Out”.

Ada empat model iPhone 14 yang dirilis. Tiga di antaranya adalah model dengan penamaan lama, yakni iPhone 14 versi “reguler”, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Secara desain layar, iPhone 14 reguler tak banyak perubahan. Sedangkan perubahan drastis, dapat dilihat pada desain layar yang diusung oleh kedua iPhone 14 versi “Pro”. Selain itu, Apple juga memberikan cukup banyak peningkatan di model "Pro".

Baca juga: iPhone 14 Plus Resmi Dirilis, Gantikan Model iPhone Mini

iPhone 14

Sebagaimana rumor yang sempat beredar, iPhone 14 reguler masih menggunakan desain layar notch (poni) untuk meletakkan sensor Face ID, sensor cahaya, speaker atas, dan lainnya.

Pada notch tersebut, iPhone 14 dibekali kamera selfie ultrawide beresolusi 12 MP dengan bukaan lensa (aparture) f/1.9. Apple mengeklaim kamera depan iPhone 14 memiliki peningkatan 49 persen untuk memotret objek di lingkungan minim cahaya.

Apple juga menyebut Night Mode dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Selain itu, iPhone 14 juga dibekali TrueDepth camera dengan autofokus.

"Sistem kamera iPhone 14 membawa banyak peningkatan. Peningkatan low-light lebih cepat dua kali lipat untuk kamera depan dan kamera ultrawide," jelas Caron Thor, Senior Manager, Camera Image Quality Apple.

Apple turut menambahkan beberapa fitur lain, seperti Deep Fusion dan Photonic Engine untuk meningkatkan kualitas gambar di kondisi minim cahaya dan proses rendering warna. Untuk perekaman video, Apple membekali iPhone 14 dengan mode stabilitator yang disebut Action Mode.

Lini iPhone 14 resmi meluncur di acara Apple Event.YouTube/Apple Lini iPhone 14 resmi meluncur di acara Apple Event.

Untuk teknologi layar, ponsel penerus iPhone 13 itu dibekali layar berbentang 6,1 inci dengan panel Super Retina XDR OLED. Beralih ke bagian punggung, iPhone 14 dibekali dua kamera, salah satunya beresolusi 12 MP (f/1.5).

Untuk urusan hardware, iPhone 14 reguler masih menggunakan chipset lawas Apple A15. Untuk diketahui, chip A15 sendiri telah digunakan Apple pada iPhone 13 series.

Seperti iPhone 13, iPhone 14 juga mendukung konektvitas 5G dan mendukung eSIM. Di Amerika Serikat, iPhone 14 tidak dibekali slot kartu SIM sama sekali untuk pertama kalinya.

"Perubahan besar, ini adalah iPhone pertama yang tidak memiliki slot kartu SIM," kata Thor.

Baca juga: Game Pertama Buatan Aktor Tom Hanks Dirilis di Apple Arcade

Di iPhone 14, Apple juga membekali fitur pendeteksi tanda bahaya bernama Emergency SOS.  iPhone 14 tersedia dalam pilihan warna Midnight, Starlight, Blue, Purple, Product (RED).

iPhone 14 dijual mulai dengan harga 799 dollar AS atau sekitar Rp 11,9 juta (kurs Rp 14.800). iPhone 14 mulai bisa dipesan 9 September dan akan dikirimkan ke pembeli mulai 16 September.

Pilihan warna di iPhone 14.YouTube/Apple Pilihan warna di iPhone 14.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max  resmi meluncur.YouTube/Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max resmi meluncur.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com