BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Konser Musik Kembali Digelar, Berikut Tip Abadikan Momen di Atas Panggung Bermodal Smartphone

Kompas.com - 08/09/2022, 12:48 WIB

KOMPAS.com – Java Jazz, Prambanan Jazz, Synchronize Festival, We The Fest, dan deretan konser musik lain di Tanah Air kembali digelar setelah hiatus selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Situasi pandemi Covid-19 yang membaik membawa angin segar bagi pencinta musik yang merindukan keseruan momen tersebut.

Tak hanya seru dan menyenangkan, menonton konser musik rupanya memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (24/12/2021), penelitian yang dilakukan oleh perusahaan yang memiliki beberapa venue musik terbesar di Inggris, O2, menemukan bahwa berada di konser selama 20 menit dapat meningkatkan kadar kesejahteraan (well-being) seseorang dan memperpanjang umur hingga sembilan tahun.

Konser dinilai bisa menyatukan sekelompok orang yang memiliki frekuensi sama. Bagi penonton, pertunjukan ini dapat memberikan energi dan kegembiraan. Euforia ini bahkan bisa dirasakan dalam waktu yang lama setelah konser berakhir.

Oleh sebab itu, banyak pencinta musik mengabadikan momen berharga tersebut, baik lewat foto maupun video, untuk bisa kembali merasakan euforia yang sama di kemudian hari.

Umumnya, momen tersebut diabadikan menggunakan smartphone. Sebab, sebagian besar penyelenggara konser melarang penonton merekam pertunjukan menggunakan kamera profesional.

Meski hanya berbekal smartphone, keseruan perhelatan itu tetap dapat diabadikan secara maksimal seakan menggunakan kamera profesional dengan memperhatikan sejumlah hal berikut.

1. Isi penuh baterai smartphone

Rangkaian acara pertunjukan musik biasanya berlangsung selama lebih dari tiga jam. Oleh karena itu, kamu harus memastikan baterai smartphone terisi penuh untuk bisa merekam momen hingga akhir acara.

Guna menghemat baterai, cobalah untuk tidak menggunakan smartphone secara berlebihan sebelum pertunjukan dimulai.

Baca juga: Rahasia Oppo Find X5 Pro 5G Bisa Rekam Video Malam Superjernih Beresolusi 4K

Kemudian, pastikan kamu menggunakan smartphone dengan kapasitas baterai besar, seperti Oppo Find X5 Pro 5G.

Oppo Find X5 Pro 5G. Dok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G.

Dengan baterai berkapasitas 5.000 miliampere hour (mAh), Oppo Find X5 Pro 5G dapat digunakan sepanjang konser. Belum lagi, Oppo juga sudah menyematkan fitur pengisian daya supercepat 80W SuperVOOC yang mampu mengisi daya baterai hingga 50 persen hanya dalam 12 menit.

Oppo Find X5 Pro 5G pun telah didukung pengisian daya nirkabel, yakni 50W AirVOOC. Dengan fitur ini, baterai akan terisi penuh dalam 27 menit.

2. Hindari penggunaan lampu flash

Sejumlah penyelenggara musik juga melarang penonton menggunakan lampu flash. Pasalnya, lampu ini dapat mengganggu konsentrasi musisi.

Lebih dari itu, lampu flash juga dapat mengurangi kualitas perekaman foto dan video. Bukan mencerahkan obyek foto di atas panggung, lampu flash justru hanya akan menerangi penonton di sekitar kamu. Bahkan, lampu flash hanya akan menangkap dengan jelas debu atau partikel kecil yang beterbangan.

3. Bersihkan lensa kamera

Suasana konser dapat menjadi riuh, penuh sesak, dan tak terkendali. Tanpa disadari, kondisi ini dapat membuat lensa kamera tersentuh oleh tangan yang kotor dan berkeringat sehingga menyebabkan gambar yang terekam tampak blur.

Baca juga: Bak Sihir, Begini Hasil Foto Bidikan Pemeran Newton Scamander Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Untuk mengantisipasinya, persiapkan kain mikrofiber kecil untuk membersihkan lensa kamera smartphone secara berkala. Dengan demikian, hasil perekaman foto dan video pun tetap tampak jernih.

Tampilan belakang Oppo Find X5 Pro 5GOppo Tampilan belakang Oppo Find X5 Pro 5G

Selain kebersihan lensa, euforia konser juga berpotensi membuat perekaman gambar menjadi tidak stabil. Namun, dengan 5-axis stabilizer yang tersemat pada Oppo Find X5 Pro 5G, kestabilan gambar tetap bisa terjaga.

Adapun penyeimbang 3-axis terdapat pada sensor kamera Oppo Find X5 Pro 5G, sedangkan 2-axis lain terletak pada lensa.

4. Kamera resolusi tinggi

Sejumlah konser digelar dengan set festival. Artinya, penonton akan berdiri selama pertunjukan berlangsung.

Jika beruntung, penonton bisa berada tepat di depan panggung. Namun, tak jarang, posisi berdiri penonton dapat berada jauh dari panggung sehingga musisi kesayangan tidak terlihat secara jelas.

Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan smartphone dengan kamera beresolusi tinggi, seperti Oppo Find X5 Pro 5G yang dibekali tiga kamera di bagian belakang, untuk mengabadikan euforia konser.

Kamera tersebut terdiri atas kamera utama (wide) beresolusi 50 megapiksel (MP) (f/1.7), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, 110,3), serta kamera telefoto 13 MP (f/2.4) dengan digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x. Adapun kedua kamera utama dari smartphone premium ini sudah memakai sensor Sony IMX766.

Sementara itu, pada bagian depan, Oppo menyematkan kamera selfie dengan resolusi 32 MP (f/2.4) dan menggunakan sensor Sony IMX709.

Seperti diketahui, konser musik umumnya digelar pada malam hari. Dengan kondisi minim cahaya (low light), Oppo Find X5 Pro 5G tetap dapat menghasilkan video dengan tampilan warna yang lebih tajam.

Kemampuan itu tak lepas dari peran neural processing unit (NPU) MariSilicon X yang terdapat pada kamera flagship tersebut. MariSilicon X dikembangkan Oppo untuk mengoptimalkan fungsi kamera smartphone keluarannya, seperti Oppo Find X5 Pro 5G. Fitur ini digadang sebagai standar baru NPU ponsel premium.

Hasil jepretan Oppo Find X5 Pro 5G pada malam hari.Dok. Oppo Hasil jepretan Oppo Find X5 Pro 5G pada malam hari.

Kehadiran NPU MariSilicon X juga menjadikan Oppo Find X5 Pro 5G sebagai smartphone pertama yang dapat menghadirkan ultra night video dengan kualitas resolusi 4K. Dengan inovasi ini, gambar yang diambil selama konser, baik foto maupun video, dari kamera wide dan ultrawide akan memiliki kualitas terbaik.

Baca juga: Mengenal MariSilicon X di Oppo Find X5 Pro 5G, Chipset yang Tawarkan Era Baru Fotografi dan Videografi Malam

Selain itu, NPU MariSilicon X juga menjalankan Artificial Intelligence Noise Reduction (AINR) yang merupakan algoritma canggih rancangan Oppo Research Institute.

Algoritma itu mampu mendeteksi dan mengurangi noise di setiap frame yang kerap muncul ketika melakukan perekaman gambar selama konser.

Keunggulan Oppo Find X5 Pro 5G kian terasa dengan kehadiran mode XPan. Mode yang diadaptasi dari kamera Hasselblad ini dapat mengambil gambar mode panorama dengan kualitas ketajaman tinggi secara natural.

Kemudian, untuk mempercantik hasil foto, pengguna bisa memanfaatkan fitur creative master filter. Melalui fitur ini, pengguna bisa menambahkan filter foto khas Hasselblad, yakni Radiance, Serenity, dan Emerald.

Pencahayaan dalam konser musik, baik di panggung maupun di tribun penonton, kerap berubah. Untuk mengatur pencahayaan dengan presisi selama perekaman gambar, kamera Oppo Find X5 Pro 5G telah didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI).

Pada kondisi backlight, misalnya, AI dapat mengidentifikasi bagian gambar yang perlu diredupkan dan diterangkan.

Hasil pengambilan gambar dengan mode Xpan di Oppo Find X5 Pro 5G. Oppo Hasil pengambilan gambar dengan mode Xpan di Oppo Find X5 Pro 5G.

Inovasi dan kecanggihan pada fitur kamera Oppo Find X5 Pro 5G juga didukung oleh System-on-a-Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 1 dan random access memory (RAM) 12 gigabita (GB) serta penyimpanan internal (ROM) 256 GB.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro 5G ditawarkan dengan harga Rp 14.999.000 serta dapat dipesan di Oppo Brand Store, Oppo Official Store, Erafone, Urban Republic, mitra toko, dan e-commerce partner terkemuka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Find X5 Pro 5G, silakan klik tautan berikut ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.