Kompas.com - 08/09/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Ponsel teranyar Apple, iPhone 14 resmi, sudah resmi dirilis melalui acara viritual Apple Event bertajuk “Far Out” yang diselenggarakan pukul 00.00 WIB, Kamis (8/9/2022). Peluncuran tersebut memperkenalkan sejumlah kebaruan fitur yang dihadirkan iPhone 14 series.

Salah satu fitur baru di iPhone 14 adalah konektivitas satelit. Fitur tersebut memungkingkan pengguna untuk mengirimkan panggilan darurat alias pesan SOS dalam kondisi tidak terhubung dengan jaringan internet atau seluler.

Pengiriman pesan darurat yang dikirim bukan berupa suara ataupun teks, tetapi pengguna dapat mengirim pesan seperti “sinyal” kepada layanan darurat atau pihak berwajib terkait kondisi dan lokasi pengguna.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Penggunaan ini dapat bermanfaat apabila salah seorang pengguna mengalami cidera di lokasi tertentu. Misalnya saat terjebak di hutan, terjatuh, terluka, terjebak di tengah laut atau di lokasi tertentu. Pengguna nantinya dapat segera mengaktifkan fitur SOS tersebut.

iPhone 14 versi “reguler” ataupun “Pro” sudah dibekali chipset nirkabel sehingga memungkinkan hal tersebut dapat dilakukan.

Namun, kebaruan fitur yang dimaksud bukan seperti konektivitas berbasis data dan teks seperti yang dikembangkan oleh Starlink dan T-Mobile.

Apple, dalam hal ini, mengajak Globalstar untuk bekerja sama agar fitur ini dapat bekerja dengan baik. Globalstar merupakan sebuah perusahaan operator konektivitas satelit tradisional yang hanya mengandalkan pita dan umumnya menggunakan antena khusus.

Jadi, penggunaan fitur ini harus menggunakan aplikasi dan mengarahkan iPhone 14 ke atas ke arah satelit. Untuk mempermudah hal tersebut, sistem iPhone bakal memberi navigasi dari lokasi satelit, seperti pada foto ilustrasi berikut ini.

Baca juga: iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max Resmi Dirilis

Aplikasi Apple Emergency SOS.Apple Aplikasi Apple Emergency SOS.

Setelah mengarahkan ponsel sesuai dengan arahan yang ditunjukkan, akan muncul pertanyaan “What’s the emergency” yang artinya “Apa keadaan darurat (yang dialami)?”.

Pengguna nantinya akan disuguhkan beberapa pilihan kondisi darurat. Pilihan jawaban terdiri dari masalah kendaraan, sakit atau cedera, kriminalitas, tersesat atau terjebak di suatu tempat, hingga kebakaran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.