Kompas.com - 08/09/2022, 14:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan produk barunya dalam acara Apple Event 2022 yang digelar 7 September waktu AS atau Kamis (8/9/2022) pukul 00.00 WIB.

Selain iPhone 14, Apple juga mengumuman jam pintar baru perusahaan, meliputi Apple Watch Series 8, Watch SE, dan Apple Watch Ultra.

Apple Watch Ultra menjadi anggota baru dari rangkaian Apple Watch yang diluncurkan sejauh ini. Awalnya perangkat ini dirumorkan bernama Apple Watch Pro, namun akhirnya dirilis sebagai Apple Watch Ultra.

Ketiga jam pintar ini dibekali sejumlah peningkatan spesifikasi dibanding pendahulunya hingga fitur baru seperti fitur pendeteksi kecelakaan. Berikut rinciannya.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Apple Watch Series 8

Apple Watch Series 8 merupakan suksesor dari Watch Series 7 yang dirilis Apple pada tahun lalu. Perangkat baru ini hadir dengan chipset anyar, meskipun tampilannya mirip seperti pendahulunya.

Chip yang tersemat pada jam pintar ini disebut S8. Selain chip baru, Apple Watch Series 8 juga dibekali fitur baru meliputi sensor suhu, sensor pelacak tabrakan hingga mode daya ultra rendah baru.

Menurut Apple, sensor suhu pada arloji pintarnya dapat memindai suhu pengguna setiap lima detik. Kemampuan ini dilakukan dengan mengombinasikan dua sensor, yaitu sensor di kulit dan sensor di bawah layar.

Fitur ini diklaim mampu mendeteksi perubahan suhu meskipun hanya 0,1 derajat celcius, sehingga mampu membantu melihat siklus ovulasi atau perubahan siklus menstruasi pada wanita.

Sensor suhu di Apple Watch Series 8Apple Sensor suhu di Apple Watch Series 8
Fitur ini juga diluncurkan Apple guna membantu orang yang ingin menjalani program hamil.

"Jika Anda berencana hamil, mengetahui saat dan kapan Anda berovulasi bisa membantu Anda mengetahui program keluarga ke penyedia layanan kesehatan Anda," kata Sumbul Desai, wakil presiden kesehatan Apple dalam peluncuran Apple Watch baru, dikutip KompasTekno dari The Verge.

Biasanya, orang akan menggunakan informasi suhu secara manual untuk memprediksi kapan peluang besar hamil. Dengan sensor suhu yang ada di Apple Watch 8, pengguna bisa melakukan secara otomatis.

Selain membantu memprogram kehamilan, fitur ini juga bisa membantu pengguna mengatur atau mencegah peluang kehamilan yang mungkin tidak terencana.

Data pelacakan siklus menstruasi pada Apple Watch sendiri diklaim dienkripsi, sehingga Apple tidak dapat mendeskripsi maupun membacanya.

"Data kesehatan Anda adalah milik Anda pribadi," ujar Desai.

Baca juga: Brasil Larang Apple Jual iPhone Tanpa Charger

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.