Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menggunakan TWS Oppo Enco Buds 2, Dengarkan Musik Saat Naik MRT

Kompas.com - 09/09/2022, 10:45 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diluncurkan pada 15 Agustus lalu, earphone True Wireless Stereo (TWS) Enco Buds 2 resmi dijual secara perdana di Indonesia pada 26 Agustus 2022.

Di Indonesia, Enco Buds 2 dijual Rp 399.000. Dengan harga tersebut, bagaimana performa yang ditawarkan oleh Enco Buds 2?

Untuk mengetahui jawabannya, KompasTekno mencoba berkeliling kawasan Jakarta Pusat sambil mendengarkan musik menggunakan Enco Buds 2.

Uji coba Oppo Enco Buds 2 berlangsung satu jam dan dilakukan selama mengendarai transportasi umum Moda Raya Terpadu (MRT). Kali ini, Oppo Enco Buds 2 kami hubungkan ke smartphone Oppo Reno 8.

Kesan pertama yang terlintas di benak kami saat menggunakan Enco Buds 2 adalah kemampuan koneksinya yang terbilang cepat.

Baca juga: TWS Oppo Enco Air2 Pro dan Enco Buds2 Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 400.000

Enco Buds 2 dapat langsung terkoneksi dengan Reno 8, setelah penutup TWS dibuka dan koneksi Bluetooth di smartphone diaktifkan. Pengguna tidak perlu melakukan setting apapun di aplikasi lain untuk menyambungkan ponsel ke Enco Buds 2.

Dengan hanya menekan opsi "Connect" yang tampil di layar notifikasi Oppo Reno8, Enco Buds dapat langsung terhubung dengan smartphone.

Cara ini hanya perlu dilakukan saat pertama kali Enco Buds 2 dipasangkan dengan Oppo Reno 8. Proses ini tidak perlu diulangi setiap kali pengguna ingin menggunakan kembali Enco Buds2 di Reno 8 dan smartphone Oppo model lainnya.

Namun, bila menghubungkan Enco Buds 2 ke smartphone Android selain Oppo, pengguna perlu mengunduh aplikasi HeyMelody terlebih dahulu di Play Store. Setelah terinstal, pengguna harus melakukan setting di HeyMelody sebelum menghubungkannya ke Enco Buds 2.

Baca juga: Oppo Enco Air Masuk Indonesia, Pesaing Airpods Harga Rp 1 Juta

TWS Oppo Enco Buds2.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama TWS Oppo Enco Buds2.

Ketika dikenakan, earphone Enco Buds 2 terasa cukup ringan dan tidak membuat telinga pegal, meski digunakan secara bersamaan dengan masker.

Oppo mengeklaim Enco Buds2 memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan satu lembar kertas A4. Sebagai perbandingan, Enco Buds2 mempunyai berat mencapai 4 gram saja pada setiap satu earphone, lebih ringan 0,3 gram dari bobot kertas A4, yakni 4,3 gram.

Baca juga: Daftar Harga HP Oppo Terbaru Agustus 2022, Oppo A16 Turun

Kualitas suara Enco Buds 2

Demi mengetes kualitas suara yang dihasilkan TWS ini, KompasTekno mencoba mendengarkan lagu selama menaiki MRT. Oppo Enco Buds 2 memang tidak didukung Active Noice Cancellation.

Akan tetapi, perangkat ini dibekali fitur Passive Noice Reduction. Enco Buds 2 mampu menghasilkan suara yang cukup jernih.

Suara deru MRT yang melaju dengan kecepatan tinggi bahkan hampir tidak terdengar.

Oppo Enco Buds2 bisa dikendalikan menggunakan gestur untuk mengatur pilihan lagu yang sedang diputar, volume suara, hingga mengambil gambar.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Oppo Enco Buds2 bisa dikendalikan menggunakan gestur untuk mengatur pilihan lagu yang sedang diputar, volume suara, hingga mengambil gambar.

Ketika digunakan untuk mendengarkan lagu, TWS ini menghasilkan suara bass yang cenderung lebih dominan. Hal ini dapat terjadi berkat adanya driver dinamis berukuran 10 mm yang ditanamkan pada TWS.

Baca juga: Menjajal TWS Oppo Enco Buds untuk Main Game dan Mendengarkan Musik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com