Kompas.com - 09/09/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam ajang Apple Event pada Kamis dini hari (8/9/2022), 00.00 WIB, Apple resmi rilis iPhone 14 series yang terdiri dari empat model, yaitu iPhone 14 versi “reguler”, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Seperti saat merilis iPhone terbaru sebelumnya, melalui Apple Event kali ini, Apple juga mengenalkan berbagai fitur terkini yang diusung dalam iPhone 14 series. Misalnya, penggunaan layar poni baru “Dynamic Island” di iPhone 14 versi “Pro”.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Bila tertarik untuk mengetahui soal fitur baru yang diusung pada iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max, silakan baca lebih lanjut di tautan ini. Sedangkan untuk iPhone 14 Max, bisa dibaca selengkapnya di tautan ini.

Sementara itu, meski terdapat berbagai fitur baru di iPhone 14 series, namun faktanya suksesor iPhone 13 series tersebut belum juga menggunakan port USB Type-C atau USB-C, yang umum dipakai pada kebanyakan ponsel saat ini.

Port pengisian daya pada iPhone 14 series masih menggunakan model Lightning. Fitur port Lightning sendiri telah diadopsi Apple sejak kemunculan iPhone 5 pada tahun 2012. Hingga saat ini, port Lightning berarti telah menemani perjalan iPhone selama 10 tahun.

Untuk urusan port pengisian daya, Apple tampaknya cukup kukuh dalam mempertahankan Lightning pada iPhone, tak bergeming sedikitpun walau ponsel kebanyakan saat ini telah mengadopsi USB Type-C. Lantas, kenapa Apple tak mau pakai USB Type-C di iPhone?

Alasan Apple tak memakai USB Type-C di iPhone

Apple sempat mengeluarkan pernyataan yang berisi alasan mengapa tak menggunakan USB Type-C di iPhone. Pernyataan ini mencuat setelah Apple dimintai pendapat oleh Uni Eropa (UE) pada awal 2019 terkait aturan penyelarasan pengisian daya di negara-negara Eropa.

Pada saat itu, Uni Eropa tengah menggagas rancangan peraturan baru yang bakal dimasukkan dalam amandemen Undang-Undang tentang pedoman perangkat elektronik gelombang radio (Radio Equipment Directive).

Rancangan peraturan baru itu menyangkut kewajiban untuk menggunakan USB Type-C di seluruh ponsel dan perangkat elektronik radio lainnya yang beredar di negara-negara Eropa, sebagai upaya buat mengurangi limbah elektronik.

Menanggapi rancangan peraturan penyelarasan pengisian daya menggunakan USB Type-C dari Uni Eropa ini, Apple lantas membalas dengan mengatakan penyelarasan tersebut justru akan menghambat inovasi.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.