Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 Punya Fitur Komunikasi Satelit untuk Keadaan Darurat, Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.com - 09/09/2022, 19:45 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan iPhone 14 series dalam acara Apple Event yang digelar Rabu (7/9/2022) waktu AS atau Kamis (8/9/2022) pukul 00.00 WIB.

Salah satu fitur baru yang hadir di iPhone 14 yaitu konektivitas satelit untuk komunikasi ketika pengguna dalam kondisi darurat atau saat tidak terjangkau sinyal operator seluler maupun internet.

Fitur ini sebenarnya sudah dirumorkan sejak lama, bahkan sebelum iPhone 13 diluncurkan pada tahun lalu.

Awalnya konektivitas satelit diduga akan hadir di iPhone 13, namun absen dan baru tersedia di iPhone 14. Lantas bagaimana fitur ini bekerja?

Awalnya iPhone akan membantu pengguna mengarahkan ponsel ke arah yang akan memberikan sinyal terbaik.

Setelah iPhone tersambung ke satelit, pengguna akan menerima pesan dan bisa membuka pesan yang memungkinkannya terhubung ke penyedia layanan darurat.

Namun, proses pengiriman pesan tersebut mungkin memakan waktu cukup lama dibanding menggunakan sinyal operator seluler atau internet pada umumnya. Sebab menurut Apple, konektivitas satelit cukup terbatas.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

"Saat Anda menggunakan koneksi satelit, pengalamannya akan berbeda dengan berkirim pesan atau menerima pesan lewat seluler. Dalam kondisi ideal dengan pemandangan langsung ke langit, pesannya mungkin perlu 15 detik untuk dikirim dan lebih dari satu menit ketika dikirim di bawah pohon berdaun ringan atau sedang," tulis Apple di halaman resminya.

"Jika Anda berada di bawah dedaunan lebat atau dikelilingi oleh penghalang lain, Anda mungkin tidak dapat terhubung ke satelit," kata Apple.

Pesan itu berisi beberapa pertanyaan seperti "Ada yang terluka?", serta beberapa opsi jawaban yang bisa pengguna pilih untuk meresponsnya. Pesan tersebut dikompres hingga sepertiga dari pesan normal, sehingga pengirimannya bisa lebih cepat.

Ketika pesan dikirim ke satelit, selanjutnya pesan tersebut akan diteruskan ke pusat tanggap darurat. Bila lembaga tersebut hanya menerima panggilan suara, maka pesan pengguna akan dikirimkan ke pusat respons yang terhubung ke pusat tanggap darurat.

Dihimpun KompasTekno dari Engadget, Sabtu (10/9/2022) fitur konektivitas satelit akan tersedia secara gratis selama dua tahun di semua model iPhone 14, meliputi iPhone 14 "reguler", iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Namun tidak berlaku untuk iPhone yang dibeli di China, Hong Kong atau Makau.

Fitur ini bisa didapatkan melalui pembaruan iOS 16 yang akan dirilis pada November 2022.

Belum diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan pengguna untuk tetap bisa mendapat fitur konektivitas satelit setelah tersedia selama dua tahun ke depan.

Apple berkata, pada tahap awal, fitur ini akan tersedia untuk pengguna iPhone 14 series di AS dan Kanada, kemudian dirilis ke pasar lain dalam beberapa bulan mendatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com