Kompas.com - 09/09/2022, 19:45 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan iPhone 14 series dalam acara Apple Event yang digelar Rabu (7/9/2022) waktu AS atau Kamis (8/9/2022) pukul 00.00 WIB.

Salah satu fitur baru yang hadir di iPhone 14 yaitu konektivitas satelit untuk komunikasi ketika pengguna dalam kondisi darurat atau saat tidak terjangkau sinyal operator seluler maupun internet.

Fitur ini sebenarnya sudah dirumorkan sejak lama, bahkan sebelum iPhone 13 diluncurkan pada tahun lalu.

Awalnya konektivitas satelit diduga akan hadir di iPhone 13, namun absen dan baru tersedia di iPhone 14. Lantas bagaimana fitur ini bekerja?

Awalnya iPhone akan membantu pengguna mengarahkan ponsel ke arah yang akan memberikan sinyal terbaik.

Setelah iPhone tersambung ke satelit, pengguna akan menerima pesan dan bisa membuka pesan yang memungkinkannya terhubung ke penyedia layanan darurat.

Namun, proses pengiriman pesan tersebut mungkin memakan waktu cukup lama dibanding menggunakan sinyal operator seluler atau internet pada umumnya. Sebab menurut Apple, konektivitas satelit cukup terbatas.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

"Saat Anda menggunakan koneksi satelit, pengalamannya akan berbeda dengan berkirim pesan atau menerima pesan lewat seluler. Dalam kondisi ideal dengan pemandangan langsung ke langit, pesannya mungkin perlu 15 detik untuk dikirim dan lebih dari satu menit ketika dikirim di bawah pohon berdaun ringan atau sedang," tulis Apple di halaman resminya.

"Jika Anda berada di bawah dedaunan lebat atau dikelilingi oleh penghalang lain, Anda mungkin tidak dapat terhubung ke satelit," kata Apple.

Pesan itu berisi beberapa pertanyaan seperti "Ada yang terluka?", serta beberapa opsi jawaban yang bisa pengguna pilih untuk meresponsnya. Pesan tersebut dikompres hingga sepertiga dari pesan normal, sehingga pengirimannya bisa lebih cepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.