Fitur Baru Google Meet Bisa Buat "Nobar" YouTube dengan 100 Orang

Kompas.com - 10/09/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Google merilis fitur baru "co-watch YouTube" untuk aplikasi konferensi video miliknya, Google Meet.

Sesuai namanya, fitur baru "co-watch YouTube" memungkinkan pengguna Google Meet untuk menonton bareng alias "nobar" video di YouTube selama sesi telekonferensi berlangsung.

Dalam sebuah posting di blog resmi, Google mengatakan fitur menonton bareng YouTube bisa mengakomodir hingga 100 orang sekaligus.

Baca juga: Google Meet Bakal Punya Fitur Mute-Unmute Mirip Zoom

Google menjelaskan, fitur co-watch YouTube merupakan opsi "aktivitas" baru di Google Meet yang diharapkan dapat menambah pengalaman pengguna dan mendekatkan orang-orang ketika melakukan telekonferensi di Google Meet.

Fitur nobar YouTube ini hanya bisa diaktifkan oleh host meeting yang telah berlangganan YouTube premium.

Untuk lebih jelasnya, berikut syarat agar host bisa melakukan nonton YouTube bareng dengan 100 orang di Google Meet, sebagai berikut:

  • Menggunakan perangkat Android
  • Sudah menginstal aplikasi YouTube
  • Menggunakan Google Meet dan YouTube dengan Akun Google pribadi
  • Berlangganan YouTube Premium. Hanya host yang perlu memiliki langganan YouTube premium. Peserta rapat dapat menonton video bersama, meski tidak berlangganan YouTube Premium.

Baca juga: YouTube Premium Kini Bisa Download Video ke Laptop

Adapun pengguna yang tidak bisa menggunakan fitur co-watch YouTube ini adalah pengguna Google dengan akun Workspace berbayar (kecuali pelanggan Workspace Individual & Google One Premium), pemilik akun Google di bawah usia 18 tahun, dan pengguna di akun Family Link.

Google juga menjelaskan, fitur co-watch YouTube ini mengandalkan fitur live sharing.

Jika menggunakan aplikasi Duo lama yang sekarang di-upgrade ke aplikasi Meet (logo aplikasi warna-warni), pengguna harus menjadwalkan rapat di dalam aplikasi terlebih dahulu untuk mengakses fitur ini.

Jika pengguna langsung melakukan panggilan grup atau kontak di aplikasi Meet yang di-upgrade, maka fitur ini tidak akan tersedia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.