Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bisa Mengganti Nomor HP Setelah Lolos Prakerja? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 11/09/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Untuk daftar akun dari program kartu Prakerja di situs web “prakerja.go.id”, peserta perlu memasukkan beberapa data pribadi terkini yang valid, termasuk di antaranya adalah nomor handphone (HP).

Setelah peserta dinyatakan lolos seleksi gelombang pelatihan, data nomor HP tersebut memiliki fungsi yang cukup vital dalam hal proses menyambungkan akun Prakerja dengan akun e-wallet, guna menerima insentif.

Baca juga: Kenapa Dashboard Prakerja Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nomor HP yang dipakai pada akun Prakerja dan akun e-wallet haruslah sama. Bila terjadi perbedaan maka proses pencairan insentif bakal tersendat. Oleh karena itu, peserta perlu memastikan data nomor HP yang disertakan harus sama.

Seadainya terjadi perbedaan, apakah bisa mengganti nomor HP setelah lolos Prakerja? Peserta pada dasarnya masih memiliki kesempatan untuk mengganti nomor HP di Prakerja, kendati telah lolos seleksi gelombang pelatihan dan sudah menyambungkan akun e-wallet.

Lalu, bagaimana cara mengganti nomor HP di Prakerja dalam kondisi itu? Mengganti nomor HP di Prakerja setelah dinyatakan lolos bisa dilakukan dengan memutus penyambungan akun e-wallet terlebih dahulu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengganti nomor HP di Prakerja setelah dinyatakan lolos seleksi gelombang pelatihan dan sudah menyambungkan akun e-wallet, sebagaimana dilansir laman resmi Prakerja.go.id.

Cara mengganti nomor HP di Prakerja setelah lolos

  • Silakan login akun Prakerja di situs web “Prakerja.go.id”.
  • Putuskan akun e-wallet (dompet digital) dengan akun Prakerja terlebih dahulu bila sebelumnya telah tersambung.
  • Untuk memutuskan akun e-wallet dari akun Prakerja, caranya klik menu “Insentif” pada halaman dashboard “Prakerja.go.id”. Setelah itu, klik opsi “Atur” pada akun e-wallet yang tersambung dengan akun Prakerja. Terakhir, klik opsi “Putuskan Rekening”.
  • Setelah terputus, silakan untuk membuka menu “Profil” yang tertera di halaman dashboard.
  • Selanjutnya, cara data nomor telepon dan pilih opsi “Ubah”.
  • Situs web bakal menampilkan informasi nomor HP yang telah terdaftar di akun Prakerja.
  • Pada kolom di bawah informasi nomor HP terdaftar tersebut, masukkan nomor HP baru yang masih aktif dan dipakai juga pada akun e-wallet. Setelah itu, klik opsi “Lanjutkan”.
  • Terakhir, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS di nomor HP baru tersebut, lalu pilih opsi “Verifikasi”.
  • Dengan mengetuk opsi itu, kini nomor HP di akun Prakerja telah berhasil diganti.

Baca juga: Berapa Lama Sertifikat Pelatihan Muncul di Dashboard Prakerja? Begini Prosesnya

Cukup mudah bukan untuk mengganti nomor HP di Prakerja setelah dinyatakan lolos? Demikianlah penjelasan seputar cara mengganti nomor HP di Prakerja setelah lolos seleksi gelombang pelatihan dan menyambungkan akun e-wallet, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com