Apakah Bisa Mengganti Nomor HP Setelah Lolos Prakerja? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 11/09/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Untuk daftar akun dari program kartu Prakerja di situs web “prakerja.go.id”, peserta perlu memasukkan beberapa data pribadi terkini yang valid, termasuk di antaranya adalah nomor handphone (HP).

Setelah peserta dinyatakan lolos seleksi gelombang pelatihan, data nomor HP tersebut memiliki fungsi yang cukup vital dalam hal proses menyambungkan akun Prakerja dengan akun e-wallet, guna menerima insentif.

Baca juga: Kenapa Dashboard Prakerja Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nomor HP yang dipakai pada akun Prakerja dan akun e-wallet haruslah sama. Bila terjadi perbedaan maka proses pencairan insentif bakal tersendat. Oleh karena itu, peserta perlu memastikan data nomor HP yang disertakan harus sama.

Seadainya terjadi perbedaan, apakah bisa mengganti nomor HP setelah lolos Prakerja? Peserta pada dasarnya masih memiliki kesempatan untuk mengganti nomor HP di Prakerja, kendati telah lolos seleksi gelombang pelatihan dan sudah menyambungkan akun e-wallet.

Lalu, bagaimana cara mengganti nomor HP di Prakerja dalam kondisi itu? Mengganti nomor HP di Prakerja setelah dinyatakan lolos bisa dilakukan dengan memutus penyambungan akun e-wallet terlebih dahulu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengganti nomor HP di Prakerja setelah dinyatakan lolos seleksi gelombang pelatihan dan sudah menyambungkan akun e-wallet, sebagaimana dilansir laman resmi Prakerja.go.id.

Cara mengganti nomor HP di Prakerja setelah lolos

  • Silakan login akun Prakerja di situs web “Prakerja.go.id”.
  • Putuskan akun e-wallet (dompet digital) dengan akun Prakerja terlebih dahulu bila sebelumnya telah tersambung.
  • Untuk memutuskan akun e-wallet dari akun Prakerja, caranya klik menu “Insentif” pada halaman dashboard “Prakerja.go.id”. Setelah itu, klik opsi “Atur” pada akun e-wallet yang tersambung dengan akun Prakerja. Terakhir, klik opsi “Putuskan Rekening”.
  • Setelah terputus, silakan untuk membuka menu “Profil” yang tertera di halaman dashboard.
  • Selanjutnya, cara data nomor telepon dan pilih opsi “Ubah”.
  • Situs web bakal menampilkan informasi nomor HP yang telah terdaftar di akun Prakerja.
  • Pada kolom di bawah informasi nomor HP terdaftar tersebut, masukkan nomor HP baru yang masih aktif dan dipakai juga pada akun e-wallet. Setelah itu, klik opsi “Lanjutkan”.
  • Terakhir, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS di nomor HP baru tersebut, lalu pilih opsi “Verifikasi”.
  • Dengan mengetuk opsi itu, kini nomor HP di akun Prakerja telah berhasil diganti.

Baca juga: Berapa Lama Sertifikat Pelatihan Muncul di Dashboard Prakerja? Begini Prosesnya

Cukup mudah bukan untuk mengganti nomor HP di Prakerja setelah dinyatakan lolos? Demikianlah penjelasan seputar cara mengganti nomor HP di Prakerja setelah lolos seleksi gelombang pelatihan dan menyambungkan akun e-wallet, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.