Mangkuk Ayam Jago Muncul di Google Doodle, Apa Cerita di Baliknya?

Kompas.com - 12/09/2022, 07:10 WIB

KOMPAS.com - Ilustrasi Mangkuk ayam jago muncul di halaman utama Google hari ini, Senin (12/9/2022) tampil berbeda dari biasanya.

Apabila mengakses URL Google.com dan Google.co.id, Anda akan "disapa" gambar mangkuk jago yang kali ini menjadi tema Google Doodle. Menariknya, ayam jago di dalam mangkuk itu dianimasikan seperti sedang berlari sehigga membuat mangkuk berputar.

Di sekitar mangkuk jago tersebut terdapat sketsa bunga peony merah dan daun pisang. Mangkuk jago sendiri bukanlah barang langka di Indonesia.

Seperti namanya, mangkuk bergambar ayam jago yang ikonik ini banyak ditemui ketika makan mi ayam dan bakso di warung-warung. Sekarang, mangkuk jago lebih banyak variasinya karena juga hadir dalam versi gelas, cangkir, hingga teko.

Meskipun sangat populer di Tanah Air, mangkung ayam jago ternyata berasal dari negara tetangga. Lantas, bagaimana asal-usul mangkuk ayam jago yang menjadi Google Doodle hari ini?

Baca juga: Google Doodle 17 Agustus 2022 Rayakan HUT Ke-77 RI dengan Kembang Api Merah Putih

Mangkuk ayam jago populer di Asia

Ketika mengarahkan mouse ke Doodle mangkuk ayam jago tersebut, pengguna bakal melihat tulisan "Celebrating the Rooster Bowl". Dengan kata lain, Google Doodle hari ini memang dibuat secara khusus untuk merayakan "Mangkuk Ayam Lampang".

Dalam laman resmi doodle, Google mengatakan bahwa mangkuk yang menampilkan ayam jago jantan hitam itu merupakan peralatan makan yang ikonik dan sangat populer di wilayah Asia, termasuk Thailand.

Di Negeri Seribu Pagoda itu, mangkuk ayam jago banyak diproduksi di Provinsi Lampang. Karena itu, pemerintah Thailand secara khusus mendaftarkan mangkuk jago sebagai produk Indikasi Geografis (Geographical Indication) Lampang pada hari ini, 12 September di tahun 2013 atau 9 tahun yang lalu.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Tampilkan Timelapse Efek Perubahan Iklim dari Tahun ke Tahun

Geographical Indication adalah semacam konsep perlindungan kekayaan intelektual di Thailand. Dengan begitu, pendaftaran mangkuk jago tersebut merupakan upaya pemerintah Thailand untuk melindungi nilai dan kekhususan produk bikinan dalam negerinya, sebagaimana dihimpun dari situs resmi TMP IP Thailand.

Dengan didaftarkan sebagai produk Indikasi Geografis, artinya mangkuk jago telah diakui secara nasional terkait kualitas dan reputasinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.