Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacBook Air dengan Chip M2 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 12/09/2022, 10:45 WIB
Lely Maulida,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laptop MacBook Air dengan chip M2 akhirnya resmi hadir di Indonesia hari ini, Senin (12/9/2022), setelah diluncurkan Apple pada Juni lalu.

MacBook Air M2 hadir di Indonesia lewat salah satu mitra distributor resmi Apple, Erajaya Swasembada. Mulai hari ini, konsumen di Indonesia sudah bisa membeli MacBook Air dengan chip M2 di toko iBox maupun situs resmi iBox.

"MacBook Air. Desain baru. Standar baru. Bertenaga super berkat chip M2 generasi berikutnya. MacBook Air dengan Chip M2 kini tersedia di iBox dengan harga mulai dari Rp 874.959/ bulan," demikian keterangan iBox dikutip KompasTekno dari Instagram iBox Indonesia.

MacBook Air 2022 ini tersedia dalam dua opsi penyimpanan, yaitu 256 GB dan 512 GB. Sementara warnanya tersedia dalam empat opsi warna, meliputi Midnight, Starlight, Space Grey dan Silver.

Pantauan KompasTekno, MacBook Air dengan chip M2 sudah tersedia di situs iBox dan sudah dapat dibeli oleh konsumen. Selain menyedikan opsi kirim langsung setelah melakukan transaksi di situs iBox, konsumen juga bisa memilih opsi ambil di toko iBox terdekat dari lokasinya.

Ada pula opsi pembelian MacBook Air M2 dengan metode cicilan. Namun simulasi cicilannya menyesuaikan bank yang dipilih konsumen.

Untuk harga MacBook Air M2 2022, menyesuaikan opsi memori yang dipilih kosumen. Berikut rinciannya.

Harga MacBook Air M2 di Indonesia

  • MacBook Air M2 256 GB - Rp 21 juta
  • MacBook Air M2 512 GB - Rp 26 juta

Baca juga: Apple Umumkan Kembalinya Magsafe di MacBook Air M2

Spesifikasi MacBook Air M2

MacBook Air dengan chip M2 diluncurkan Apple dalam konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni lalu.

Laptop ini hadir dengan chipset baru yaitu Apple M2 sebagai suksesor dari chip M1. MacBook Air M2 atau disebut juga MacBook Air 2022 menjadi laptop pertama yang ditenagai oleh chip M2.

Apple M2 sendiri menawarkan kecepatan yang lebih cepat hingga 40 persen dibanding M1. Secara teknis chip Apple M2 dibangun dengan arsitektur 5 nm gen 2 dan memiliki CPU 8 core serta GPU dengan core yang lebih banyak dibanding M1, yaitu hingga 10 core.

Chip ini dapat dipasangkan dengan RAM LPDDR5 hingga 24 GB. Apple mengeklaim chip M2 dilengkapi dengan mesin pengolah media dan ProRes baru untuk menunjang tugas berat seperti editing video.

Baca juga: MacBook Pro M2 Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 22 Juta

Untuk dayanya, MacBook Air dengan chip M2 mendukung pengisian cepat (fast charging) yang mampu mengisi daya perangkat hingga 50 persen dalam 30 menit pengisian. Untuk mencapai hasil tersebut, konsumen harus memberi adaptor USB-C 67 watt.

Pada aspek desain, MacBook Air 2022 tampil dengan desain serta warna baru. Perangkat ini juga dibuat lebih tipis dibanding MacBook Pro, dengan ketebalan hanya 11,3 mm dan bobot 2,7 pound atau sekitar 1,2 kg.

Menurut Apple, bila dibandingkan dengan MacBook Air versi sebelumnya, MacBook Air M2 lebih ramping 20 persen.

Layar MacBook Air generasi baru memiliki bentang 13,6 inci dengan panel Liquid Retina yang menawarkan kecerahan hingga 500 nits. Panel yang sama juga digunakan Apple untuk iPad Pro 2021 dan MacBook Pro 2021.

Layarnya juga memiliki poni yang cukup lebar. Poni tersebut berperan sebagai rumah dari kamera laptop atau FaceTime yang didukung resolusi HD 1080 piksel.

Fitur lainnya yang turut melengkapi MacBook Air 2022 yaitu dua port Thunderbolt, colokan audio 3,5 mm dan dukungan charger magnetik MagSafe.

Tak hanya itu, laptop Apple ini juga dikemas dengan sistem audio empat speaker yang diklaim dilengkapi dengan tiga mikrofon dan algoritma beamforming canggih. Istilah beamforming pertama kali dikenalkan Apple pada HomePod model pertama.

Teknologi ini mampu mengubah audio berdasarkan lingkungan pengguna, seperti mencari tahu objek mana yang menyerap atau memantulkan suara.

Baca juga: Apple Mulai Jual MacBook Air M1 dan MacBook Pro M1 Rekondisi, Ini Harganya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com