Rentetan Aksi Hacker Bjorka dalam Kasus Kebocoran Data di Indonesia Sebulan Terakhir

Kompas.com - 12/09/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, salah seorang anggota forum online “Breached Forums” dengan usernameBjorka”, tengah ramai jadi bahan perbincangan lantaran terlibat dengan kasus kebocoran data di Indonesia.

Aksi Bjorka dalam menyebar sejumlah data sensitif terpantau telah dilakukan dalam kurun waktu sebulan terakhir, dari akhir Agustus hingga awal September. Data sensitif yang ia bagikan itu meliputi nomor KTP, nomor KK, nomor telepon, dan sebagainya.

Baca juga: 105 Juta Data KPU Diduga Bocor dan Dijual Online, Pengamat Sebut Datanya Valid

Data sensitif milik warga Indonesia tersebut diklaim Bjorka diperoleh dari beberapa sumber resmi, misal dari operator internet Indihome, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan proses registrasi kartu SIM (SIM Card).

Awalnya, Bjorka membagikan sejumlah data sensitif itu melalui Breached Forums, sebuah forum diskusi online yang beralamatkan di “breached.to”. Di Breached Forums, Bjorka juga menyebar dokumen atau surat penting yang diklaim milik Presiden Indonesia.

Selain melalui Breached Forums, Bjorka lantas membagikan pula sejumlah data pribadi dari sejumlah pejabat publik di grup Telegram miliknya. Beberapa nama pejabat publik yang jadi sasaran aksi Bjorka itu.

Dari akhir Agustus hingga awal September ini, Bjorka berarti telah terlibat dengan setidaknya lima kasus kebocoran data di Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan rentetan aksi Bjorka dalam kasus kebocoran data di Indonesia.

Rentetan aksi Bjorka sebulan terakhir

1. Kebocoran 26 juta data pelanggan Indihome

Pada 20 Agustus 2022, Bjorka membagikan 26 juta data yang diklaim milik pelanggan Indihome di Breached Forums. Data tersebut antara lain meliputi data riwayat pencarian pelanggan, nama pelanggan, nomor KTP pelanggan, alamat e-mail, dan lainnya.

Menanggapi kasus kebocoran ini, pihak Indihome mengaku tidak pernah menjual data pribadi pelanggan. Sedangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), saat itu menyatakan bakal memanggil manajemen Telkom untuk mendapat laporan terkait.

Penjelasan yang lebih lengkap terkait kasus ini silakan baca di artikel berikut “Data 26 Juta Riwayat Pencarian Pengguna Indihome Diduga Bocor”.

2. Kebocoran 1,3 miliar data kartu SIM

Aksi Bjorka membagikan data sensitif warga Indonesia kembali berlanjut. Pada 31 Agustus 2022, Bjorka membagikan data kartu SIM milik pelanggan Indonesia, yang berisi nomor KTP, nama operator seluler, nomor telepon, dan tanggal registrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.