Cara Menentukan Layar Smartphone yang Pas di Genggaman

Kompas.com - 12/09/2022, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Beragam vendor berlomba-lomba meluncurkan smartphone dengan ukuran layar yang lebar. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman visual yang lebih maksimal bagi pengguna.

Bagi sebagian pengguna, menonton video dan bermain game di smartphone yang memiliki layar berukuran besar, dinilai lebih memuaskan lantaran mampu menciptakan pengalaman yang lebih imersif.

Namun, layar yang besar berimbas pada ukuran dimensi smartphone. Hal itu akan mempengaruhi kenyamanan saat menggenggam ponsel. Biasanya, semakin bongsor sebuah smartphone, maka semakin kurang nyaman digenggam dan dioperasikan, terutama dengan satu tangan.

Baca juga: 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri atau “Ghost Touch”

Sebab, smartphone berukuran besar biasanya memiliki bobot yang cukup berat sehingga membuat tangan cepat lelah ketika digenggam menggunakan satu tangan.

Bodi smartphone yang bongsor juga bisa menghalangi pergerakan ibu jari yang bertugas mengendalikan segala jenis perintah di layar sentuh.

Lantas, bagaimana cara menentukan ukuran smartphone yang pas sehingga dapat dengan nyaman digenggam?

Sesuaikan dengan ukuran tangan

Setiap orang memiliki ukuran tangan yang berbeda. Ukuran tangan yang lebih kecil tentu tidak cocok menggenggam smartphone berukuran bongsor.

Anda dapat melakukan tes sederhana dengan meletakkan smartphone secara diagonal di atas telapak tangan.

Apabila smartphone lebih besar dibandingkan ukuran telapak tangan, pengguna disarankan untuk tidak menggunakan smartphone tersebut untuk menghindari rasa tidak nyaman yang dapat timbul.

Baca juga: Bandar Narkoba Diringkus setelah Kirim Foto Telapak Tangan di WhatsApp

Tips kedua adalah dengan menggenggam smartphone menggunakan satu jari dan coba gerakkan ibu jari Anda ke berbagai arah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber finder


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.