Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kesibukan" Kominfo Saat Akhir Pekan gara-gara Ulah Bjorka

Kompas.com - Diperbarui 13/09/2022, 09:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Seorang anggota forum onlineBreached Forums” dengan usernameBjorka”, kembali menggegerkan masyarakat. Kali ini, Bjorka melakukan aksi doxing kepada sejumlah nama pejabat publik.

Aksi doxing (menyebarkan data pribadi seseorang untuk menyerangnya) yang dilakukan Bjorka dari tanggal 10 hingga 11 September 2022 itu, mencatut sejumlah nama pejabat sebagai berikut:

Baca juga: 105 Juta Data Kependudukan Warga Indonesia Diduga Bocor, Diklaim dari KPU

  • Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika
  • Puan Maharani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat
  • Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo
  • Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara

Dalam aksi doxing pejabat tersebut, Bjorka melakukannya melalui media yang berbeda, tak lagi menggunakan Breached Forums seperti dalam empat kasus kebocoran data di Indonesia sebulan terakhir.

Awalnya, Bjorka membagikan berbagai data pribadi para pejabat publik tersebut, seperti nama lengkap, nomor KTP, nomor KK, nomor telepon, alamat rumah, dan lainnya, lewat sebuah channel atau grup Telegram.

Dari grup Telegram itu, KompasTekno sempat mengamati datanya. Setelah divalidasi, beberapa informasi yang terdapat di sana bisa dikatakan benar demikian, salah satunya seperti data nomor telepon para pejabat yang kerap dihubungi wartawan.

Selain membagikan data pribadi, Bjorka juga menyampaikan pesan untuk para pejabat publik melalui grup Telegram tersebut.

Dari grup Telegram Bjorka, pesan kemudian disebarkan melalui akun Twitter dengan handle @Bjorkanism. Di Twitter, Bjorka membagikan pesan dengan menandai akun Twitter milik pejabat publik yang jadi target aksi doxing.

Pada Sabtu, (10/9/2022), Bjorka sempat membagikan Tweet yang berisi pesan ucapan selamat ulang tahun ke Johnny G Plate. Cuitan itu dibarengi dengan dibagikannya data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika lewat grup Telegram.

Seakan tak puas dengan melakukan doxing ke Johnny, Bjorka melanjutkan aksinya ke sejumlah pejabat publik. Pada Minggu (11/9/2022), Bjorka kembali melakukan aksi doxing ke pejabat publik seperti Puan Maharani.

Dengan menandai akun Twitter milik Puan Maharani dengan handle @puanmaharani_ri, Bjorka membagikan pesan kritik yang mempertanyakan perayaan ulang tahun ketua DPR itu di tengah adanya demonstrasi harga BBM.

"Bagaimana kabar Anda, bu @puanmaharani_?, bagaimana rasanya merayakan ulang tahun saat banyak orang yang protes harga BBM tepat di depan kantor anda?" tulis Bjorka di akun Twitter dengan handle @bjorkanism, pada Minggu (11/9/2022).

Sama seperti yang dilakukan untuk Johnny, sebelum mengunggah pesan ke Twitter, Bjorka juga telah lebih dulu membagikan data pribadi Puan Maharani lewat grup Telegramnya.

Aksi Bjorka dalam menyebar pesan dan doxing pejabat publik itupun lantas sempat menjadi trending topic di Twitter. Akun Twitter Bjorka sendiri pada hari Minggu lalu, telah mencapai sekitar 150.000 lebih follower dalam waktu yang cukup singkat.

Akun Twitter dan grup Telegram Bjorka diblokir

Pada hari Minggu sore, tak lama setelah Bjorka ramai di Twitter, akunnya tak lagi dapat diakses. Akun Bjorka dengan handle @bjorkanism diketahui telah diblokir Twitter karena dinilai telah melanggar peraturan.

Tangkapan layar akun Twitter Bjorka dengan handle @Bjorkanism yang diblokir pada Minggu sore (11/9/2022).KOMPAS.com/Zulfikar Tangkapan layar akun Twitter Bjorka dengan handle @Bjorkanism yang diblokir pada Minggu sore (11/9/2022).

Di Twitter sendiri, tak dijelaskan lebih lanjut mengenai alasan khusus akun Bjorka diblokir. Menyusul pemblokiran akun Twitter, grup Telegram Bjorka juga mengalami pemblokiran. Bjorka sempat mengatakan pemblokiran itu dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com