AMD Ubah Skema Penamaan Baru untuk Prosesor Mobile Tahun Depan

Kompas.com - 12/09/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - AMD mengumumkan sistem penamaan baru untuk prosesor mobile buatannya. Skema penamaan baru ini masih akan mirip seperti sebelumnya, yaitu terdiri dari empat angka disertai dengan setidaknya satu huruf.

Namun angka yang digunakan akan memudahkan khalayak dalam memahami performa prosesor yang ditawarkan. Yang jelas, di atas kertas, semakin tinggi angkanya, mewakili performa yang semakin kuat.

"Sistem penomoran baru ini merupakan dasar bagaimana kami akan menamai dan menomori prosesor mobile kami untuk tahun-tahun mendatang, dan kami telah mengujinya dalam jangka waktu lima tahun," kata AMD dikutip dari laman komunitas AMD, Sabtu (10/9/2022).

Kami berharap sistem baru ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik bagi semua orang terkait apa yang ada dalam prosesor kami," jelas AMD.

Baca juga: AMD Luncurkan 4 Prosesor Ryzen 7000 Series

Menurut skema penamaan baru, angka pertama akan menunjukkan tahun prosesor dirilis. Contohnya, prosesor mobile AMD 7000 series akan dirilis pada tahun 2023. Jadi, prosesor mobile AMD yang diawali angka "7" menunjukkan bahwa komponen tersebut dirilis tahun 2023.

Hal itu sesuai dengan tahun portofolio AMD, di mana prosesor yang dirilis tahun 2023-2025 akan diawali angka "7" untuk penamaanya.

Skema baru penamaan chip mobile AMDAMD Skema baru penamaan chip mobile AMD

Angka kedua menunjukkan segmen pasar yang dibidik oleh chip terkait, mulai dari angka "1" mewakili Athlon Silver hingga "9" mewakili Ryzen 9. Artinya, segmen pasar ini mewakili level masing-masing prosesor.

Misalnya, Athlon Silver mewakili prosesor untuk segmen entry-level, hingga Ryzen 9 yang mewakili segmen high-end. Namun AMD menerapkan pemaknaan ganda, misalnya untuk angka 8 yang bisa diartikan merujuk pada Ryzen 7 atau Ryzen 9.

Angka ketiga menunjukkan arsitektur prosesor terkait. Misalnya angka 1 yang merujuk ke arsitektur Zen 1 atau angka 4 yang merujuk ke Zen 4 dan seterusnya.

Baca juga: AMD Luncurkan 3 CPU Ryzen 5000 Series di Indonesia

Angka terakhir bertujuan untuk membedakan prosesor dengan arsitektur yang sama. Jadi misalnya AMD merilis chip baru, namun terdiri dari beberapa varian yang berbeda arsitekturnya. Nah, angka terakhir berguna untuk mengidentifikasi perbedaannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.