Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

Kompas.com - 12/09/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Hampir seluruh bidang operasional baik instansi pemerintahan hingga banyak perusahaan yang sudah mulai beralih menggunakan teknologi IT. Hal ini dikarenakan kesadaran perkembangan zaman dan selalu dapat beradaptasi dengan cepat perubahan-perubahan yang ada.

Teknologi IT yang dapat mendukung kebutuhan instansi hingga perusahaan didasari dengan perancangan topologi jaringan yang baik pula.

Hal ini dikarenakan agar menciptakan sebuah sistem yang lebih terorganisir. Berikut penjelasan mengenai pengertian hingga jenis-jenis topologi jaringan komputer.

Baca juga: Pengertian Komponen Komputer: Input Output Processing dan Storage Device

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer adalah suatu cara dalam menghubungkan dua komputer atau lebih dengan menggunakan beberapa perangkat seperti kabel UTP hingga fiber optik, selain itu juga nirkabel (tanpa kabel) sebagai suatu media transmisi.

Topologi jaringan komputer juga memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah; Sistem networking lebih terstruktur dan terancang dengan jelas; Network engineer lebih mudah terkonfigurasi; Memudahkan dalam hal maintenance dan juga update.

Sedangkan jenis-jenis topologi jaringan komputer diantaranya adalah; topologi bus, topologi star, topologi ring, topologi mesh, dan topologi tree. Dari jenis-jenis tipologi tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Baca juga: 8 Jenis Perangkat Lunak Jaringan Komputer, serta Pengertian dan Contohnya

Jenis-Jenis Topologi Jaringan Komputer

Di bawah merupakan beberapa jenis topologi jaringan komputer;

Topologi Bus

Topologi Bus adalah topologi jaringan yang digunakan dalam menghubungkan komputer. Namun, topologi ini sangat jarang dipakai dalam suatu perusahaan maupun instansi karena memberikan peluang besar terhadap risiko yang akan didapatkan. 

Keuntungan dan kerugian menggunakan topologi bus

Dilansir dari bbc.uk berikut ini kelebihannya:

  • Mudah untuk menghubungkan node ke jaringan
  • lebih sedikit kabel yang dibutuhkan dibandingkan dengan topologi star, sehingga lebih murah untuk dipasang

Namun, topologi bus juga memiliki kelemahan:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.