6 Fitur iOS 16 yang "Contek" Android, Apa Saja?

Kompas.com - 13/09/2022, 09:40 WIB

KOMPAS.com - Setelah merilis iPhone 14 Series, Apple turut menggelontorkan sistem operasi terbaru bikinannya, yaitu iOS 16 versi stabil/final ke pengguna pada 12 September 2022.

iOS 16 membawa sejumlah fitur baru yang cukup menarik untuk dicoba di iPhone. Namun, bila dilihat lebih jauh, beberapa fitur baru iOS 16 itu sebenarnya sudah hadir lebih dulu di ponsel berbasis sistem operasi Android bikinan Google.

Tak heran bila sejumlah fitur baru iOS 16 ini disebut-sebut meniru fitur Android. Apa saja?

Baca juga: iOS 16 Versi Final Meluncur 12 September, Ini Daftar iPhone yang Kebagian

1. Navigasi lebih dari satu tujuan di Maps

Apple Maps bisa menambahkan lebih dari satu titik tujuan. Google Maps sudah memiliki fitur serupa lebih dulu, dengan fitur add Stop.The Verge Apple Maps bisa menambahkan lebih dari satu titik tujuan. Google Maps sudah memiliki fitur serupa lebih dulu, dengan fitur add Stop.
Dengan pembaruan iOS 16, pengguna kini bisa menambahkan beberapa titik tujuan ketika menggunakan aplikasi Apple Maps.

Dengan begitu, pengguna bisa melihat prediksi waktu tempuh sekaligus rute perjalanan dalam sekali klik.

Fitur menambahkan lebih dari satu titik tujuan di Apple Maps ini pertama kali hadir lewat update iOS 16 pada September 2022 ini.

Bagi pengguna ponsel Android, fitur menambahkan lebih dari satu titik tujuan itu bukanlah barang baru.

Sebab, aplikasi maps bawaan Android, yaitu Google Maps sudah memiliki fitur serupa bernama "Add Stop" sejak sekitar 2017-an.

Baca juga: Cara Navigasi ke Lebih dari Satu Tujuan dengan Google Maps

2. Undo dan penjadwalan e-mail

Tampilan fitur baru undo send, remind me later, dan penjadwalan di aplikasi e-mail bawaan perangkat Apple. The Verge Tampilan fitur baru undo send, remind me later, dan penjadwalan di aplikasi e-mail bawaan perangkat Apple.
Saat mengirim e-mail, tak jarang ada kesalahan teknis seperti salah mencantumkan alamat penerima hingga salah menautkan dokumen lampiran.

Dengan pembaruan iOS 16, aplikasi e-mail bawaan di iPhone kini bisa membatalkan e-mail yang sudah terlanjur dikirim dengan fitur undo. Fitur undo tersebut memungkinkan pengguna untuk membatalkan dan menarik email yang sudah terkirim dalam kurun waktu 10 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.