Tabel Spesifikasi dan Harga MacBook Air M2 di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - MacBook Air yang mengandalkan chip Apple M2 telah resmi hadir di pasar Indonesia, Senin (12/9/2022). MacBook Air M2 sudah bisa dibeli dibeli secara online/offline di reseller resmi Apple di Indonesia seperti iBox dan Digimap.

Sebagai suksesor dari MacBook Air M1, laptop terbaru ini menggunggulkan aspek hardware-nya yang mengandalkan chip teranyar Apple M2. Chipset tersebut diklaim 40 persen lebih kencang dibanding M1.

Chip M2 juga dirancang dengan fabrikasi 5 nm gen 2 dan memiliki CPU delapan inti, serta mengandalkan pengolah grafis (GPU) dengan core yang lebih banyak, yaitu mencapai 10 core.

Baca juga: MacBook Air dengan Chip M2 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Chipset tersebut dipadankan dengan RAM LPDDR5 24 GB. Apple sendiri mengeklaim bahwa chip M2 dilengkapi dengan mesin pengolah media dan ProRes baru guna mendukung proses editing video.

Beralih ke desain dan tampilan perangkat, MacBook Air M2 2022 hadir dengan desain dan varian warna yang baru. Laptop juga dirancang lebih tipis dibanding “saudaranya”, MacBook Pro 2022, yang memiliki ketebalan “hanya” 11,3 mm dan bobot sekitar 1,2 kg.

Perangkat ini mengusung layar berpanel Liquid Retina yang berdiagonal 13,6 ini. Layar perangkat juga mendukung tingkat kecerahan maksimal 500 nits dan mendukung wide color gamut (P3).

Dengan layar yang cukup lebar, laptop ini pun hadir dengan “poni” yang lebar juga. Poni tersebut nantinya digunakan sebagai wadah dari kamera atau FaceTime yang mempunyai resolusi HD (1.080 piksel).

Untuk segi ketahanannya, MacBook Air 2022 mendukung teknologi fast charging yang mampu mengisi daya hingga setengah penuh (50 persen) dalam kurun waktu 30 menit. Pengisian daya tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan adaptor USB-C 67 watt.

Fitur pendukung laonnya adalah dua port Thunderbolt, jack audio 3,5mm, dukungan charger magnetik MagSafe, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 6 802.11, TouchID (pemindai sidik jari) sebagai sistem keamanan perangkat, Magic Keybooard yang disertai lampu layar, dan Trackpad ForceTouch.

Adapun fitur pendukung suara lainnya seperti audio empat speaker yang dilengkapi dengan tiga mikrofon algoritma beamforming.

Baca juga: MacBook Pro M2 Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 22 Juta

Istlah beamforming menjadi istilah pertama yang diperkenalkan oleh Apple pada HomePod model pertama. Teknologi tersebut dapat mengubah audio berdasarkan lingkungan pengguna. Sebut saja menncari tahu objek mana yang. dapat menyerap/memantulkan suara.

Varian warna yang tersedia adalah Midnight, Starlight, Space Grey, dan Silver. Sementara rincian harganya terdapat dua harga yang berbeda, yakni Macbook Air M2 varian 256 Gb dibanderol Rp 21 juta, sedangkan varian 512 dihargai senilai Rp 26 juta.

Sebelum melakukan pembelian laptop MacBook Air 2022 di Indonesia, ada baiknya melihat tabel spesifikasi dan harga MacBook Air M2 2022 di bawah ini.

Spesifikasi MacBook Air 2022

Spesifikasi MacBook Air 2022
Layar Liquid Retina, 13,6 inci, tingkat kecerahan 500 nits, TrueTone, wide color gamut (P3)
Dimensi dan bobot Ketebalan 11,3 mm, 1,2 kilogram
Prosesor

Chip M2 (octa-core) fabrikasi 5nm gen 2

Sistem operasi MacOS Monterey
RAM dan media penyimpanan RAM: 8 GB (dapat dikonfigurasi menjadi 16/24GB)
Memori internal: 256 GB dan 512 GB
Kamera FaceTime HD 1080p
Baterai Fast charging dengan adaptor USB-C 67 watt
Fitur dua port Thunderbolt, jack audio 3,5mm, dukungan charger magnetik MagSafe, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 6 802.11, TouchID, Magic Keybooard disertai lampu layar, dan Trackpad ForceTouch
Warna Midnight, Starlight, Space Grey, dan Silver
Harga Rp 21.000.000 (varian 256 GB)
Rp 26.000.000 (varian 512 GB)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber iBox


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.