Biaya Ganti Baterai iPhone 14 Lebih Mahal dari iPhone 13

Kompas.com - 13/09/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - iPhone 14 series telah resmi dirilis oleh Apple minggu lalu. Apple Store di AS mengungkapkan bahwa penggantian baterai (replacement battery) untuk seluruh model iPhone 14 (iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max) dapat dilakukan di toko mereka.

Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti baterai yanng rusak terbilang cukup mahal, karena telah naik 43 persen dari biaya perbaikan iPhone 13 sebelumnya.

Harga ganti baterai untuk iPhone 14 adalah 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,47 jutaan, sedangkan iPhone 13 berkisar 69 dollar AS (Rp 1,02 juta).

Biaya tersebut mungkin bakal mengalami perubahan di sejumlah toko pihak ketiga Apple Store, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mac Rumors, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Apakah Mengaktifkan Auto Brightness Bisa Menguras Baterai iPhone?

Biaya ganti baterai iPhone ini adalah di luar masa garansi satu tahun, atau tanpa AppleCare+. Jika memiliki AppleCare+ maka biaya ganti baterai iPhone bisa gratis, dengan catatan baterainya masih memiliki kapasitas di atas 80 persen dari aslinya.

Sementara itu, jika dibandingkan di negara lain seperti Inggris (UK), biaya replacement yang ditetapkan telah naik dari 69 poundsterling (Rp 1,19 juta) menjadi 105 poundsterling (Rp 1,82 juta).

Hal ini mengindikasikan bahwa kekuatan mata uang di setiap negara memiliki peran yang cukup penting terhadap biaya perbaikan baterai iPhone 14.

Ditambah kapasitas baterai yang dimiliki iPhone 14 dengan iPhone 13 tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, kenaikan biaya perbaikan ini dianggap sebagai “pemborosan”.

Kapasitas baterai

Meski Apple sendiri tidak pernah mengungkap kapasitas baterai yang dimiliki iPhone, menurut laporan 9to5Mac, kapasitas yang dimiliki iPhone 13 reguler sekitar 3.227 mAH.

Sedangkan, iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max masing-masing berkapasitas 3.095 mAH dan 4.352 mAH.

Baca juga: AirPods Pro 2 Meluncur dengan Baterai Lebih Awet, Ini Harganya

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber 9to5Mac


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.