Menyaksikan Jet Tempur Rafale "Menyusu" di Atas Selat Sunda

Kompas.com - Diperbarui 14/09/2022, 08:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkatan Udara Perancis unjuk kebolehan melakukan demonstrasi pengisian bahan bakar pesawat tempur rafale di udara, menggunakan pesawat tanker Airbus A330-MRTT (Multirole Tanker Transport), di atas Selat Sunda pada Senin (13/9/2022).

Operasi ini merupakan bagian dari misi Pegase 2022 Armee De L'air (AU Perancis) di Asia Pasifik, dalam kunjungannya ke bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, setelah mengikuti latihan gabungan Pitch Black 2022 di Australia.

Demonstrasi pengisian bahan bakar di udara tersebut menggunakan metode drogue and probe, yaitu selang bahan bakar yang dijulurkan dari pesawat tanker, kemudian diterima oleh probe yang ada di pesawat tempur.

Baca juga: Airbus-PTDI Kerja Sama Produksi Komponen Helikopter dan Pesawat Militer

Meski A330 MRTT milik AU Perancis juga memiliki flying boom di ekornya, namun, metode drogue and probe di sayap digunakan sesuai dengan jenis pesawat yang diisi, yaitu Rafale yang memiliki probe pengisian bahan bakar di hidung pesawat.

Demo jet tempur Rafale mengisi bahan bakar di udara dari pesawat tabker A330 MRTT AU Perancis di Selat Sunda, Senin (12/9/2022).KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTO Demo jet tempur Rafale mengisi bahan bakar di udara dari pesawat tabker A330 MRTT AU Perancis di Selat Sunda, Senin (12/9/2022).
Bahan bakar tersebut disimpan dalam "buddy pod" yang dicantolkan di sayap pesawat tanker, dan memiliki selang yang bisa ditarik ulur.

Dalam demonstrasi pengisian bahan bakar udara-ke-udara yang dilakukan di atas Selat Sunda, satu unit Rafale terlihat terbang mendekat di sisi kiri pesawat.

Rombongan jurnalis yang turut menyaksikan dari dalam kabin A330 MRTT, termasuk KompasTekno, bisa menyaksikan jet tempur Rafale terbang mendekat hingga ke belakang sayap A330 yang sedang kami tumpangi.

Perlahan pilot tempur menyamakan ketinggian dan kecepatan, lalu mengarahkan probe yang berada di hidung kanan Rafale, "menyusu" bahan bakar yang disalurkan lewat drogue.

Pesawat tempur Rafale AU Perancis terbang berdampingan dengan pesawat tanker A330 MRTT AU perancis di atas Selat Sunda dalam misi Pegase 2022, Senin (12/9/2022).KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Pesawat tempur Rafale AU Perancis terbang berdampingan dengan pesawat tanker A330 MRTT AU perancis di atas Selat Sunda dalam misi Pegase 2022, Senin (12/9/2022).

Tanker untuk TNI AU

Bagi Indonesia, terlebih TNI AU, keberadaan pesawat tanker sangat penting, mengingat kondisi geografis Indonesia yang terdiri atas daratan dan lautan yang luas.

Pesawat tanker memungkinkan pesawat tempur terbang nonstop tanpa harus berhenti di suatu tempat untuk mengisi bahan bakar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.