Fitur Sembunyikan Status Online WA dari Orang Tertentu Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2022, 16:32 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - WhatsApp mulai menguji coba fitur menyembunyikan status online untuk kontak tertentu. Fitur ini juga sudah bisa dicoba di Indonesia oleh pengguna WhatsApp versi beta, namun secara terbatas.

Terbatas di sini maksudnya tidak semua pengguna WhatsApp beta bisa mencoba. WhatsApp hanya memilih segelintir pengguna "beruntung" untuk menjajal fitur ini pertama kali.  

Dengan fitur ini, pengguna memiliki kontrol lebih untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja.

Pengguna WA bisa menentukan siapa saja kontak yang bisa melihat status online tersebut saat dirinya aktif di WhatsApp.

Baca juga: Grup WA di Indonesia Sudah Bisa Tampung 512 Anggota

Status online sendiri akan tertera di bawah nama kontak pengguna. Status online tertera, bila kontak terkait sedang membuka aplikasi WhatsApp, baik untuk chatting atau aktivitas lainnya.

Pantauan KompasTekno, fitur itu tersedia pada WhatsApp beta Android versi 2.22.20.9.

Fitur ini tersedia melalui menu pengaturan privasi, melengkapi opsi "last seen" (terakhir di lihat). Setelah diperbarui, penamaan menu tersebut disesuaikan menjadi "terakhir di lihat dan online" (Last seen and online) bukan last seen saja.

Menyembunyikan status online WA untuk kontak tertentu

Untuk menyembunyikan status online untuk kontak tertentu, pengguna bisa membuka menu Pengaturan (Settings) > Akun (Account) > Privasi (Privacy) > Terakhir dilihat dan online (Last Seen and Online).

Dari situ, pengguna bisa memilih empat opsi yang tersedia untuk menentukan siapa saja kontak yang bisa melihat kapan terakhir pengguna melihat WhatsApp atau status online-nya.

Pengaturan tampilan status online ini akan mengikuti pengaturan last seen yang dipilih pengguna.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.