Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Sembunyikan Status Online WA dari Orang Tertentu Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2022, 16:32 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp mulai menguji coba fitur menyembunyikan status online untuk kontak tertentu. Fitur ini juga sudah bisa dicoba di Indonesia oleh pengguna WhatsApp versi beta, namun secara terbatas.

Terbatas di sini maksudnya tidak semua pengguna WhatsApp beta bisa mencoba. WhatsApp hanya memilih segelintir pengguna "beruntung" untuk menjajal fitur ini pertama kali.  

Dengan fitur ini, pengguna memiliki kontrol lebih untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja.

Pengguna WA bisa menentukan siapa saja kontak yang bisa melihat status online tersebut saat dirinya aktif di WhatsApp.

Baca juga: Grup WA di Indonesia Sudah Bisa Tampung 512 Anggota

Status online sendiri akan tertera di bawah nama kontak pengguna. Status online tertera, bila kontak terkait sedang membuka aplikasi WhatsApp, baik untuk chatting atau aktivitas lainnya.

Pantauan KompasTekno, fitur itu tersedia pada WhatsApp beta Android versi 2.22.20.9.

Fitur ini tersedia melalui menu pengaturan privasi, melengkapi opsi "last seen" (terakhir di lihat). Setelah diperbarui, penamaan menu tersebut disesuaikan menjadi "terakhir di lihat dan online" (Last seen and online) bukan last seen saja.

Menyembunyikan status online WA untuk kontak tertentu

Untuk menyembunyikan status online untuk kontak tertentu, pengguna bisa membuka menu Pengaturan (Settings) > Akun (Account) > Privasi (Privacy) > Terakhir dilihat dan online (Last Seen and Online).

Dari situ, pengguna bisa memilih empat opsi yang tersedia untuk menentukan siapa saja kontak yang bisa melihat kapan terakhir pengguna melihat WhatsApp atau status online-nya.

Pengaturan tampilan status online ini akan mengikuti pengaturan last seen yang dipilih pengguna.

Misalnya, bila pengguna memilih last seen WhatsApp untuk kontak tertentu, maka pengaturan yang sama juga bisa berlaku untuk status online yang ditampilkan.

Baca juga: Cara Ganti Ringtone WA, Bisa Pakai Musik Sendiri

Cara sembunyikan status online WhatsAppKompas.com/Lely Maulida Cara sembunyikan status online WhatsApp
Opsi lainnya yang bisa dipilih pengguna yaitu menyembunyikan status online dari semua orang atau semua kontak WhatsApp, meskipun opsi last seen diaktifkan untuk beberapa kontak tertentu.

Setiap opsi yang dipilih juga berpengaruh pada kemampuan pengguna untuk melihat status online maupun last seen pengguna lainnya.

Bila Anda memilih untuk tidak membagikan last seen dan status online kepada semua orang, maka Anda juga tidak dapat melihat kapan orang lain melihat WhatsApp terakhir kali atau kapan mereka online/aktif di WhatsApp.

Baru tersedia terbatas

Dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Selasa (13/9/2022), pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.22.20.9 memang sudah digulirkan mulai hari ini di Play Store. Akan tetapi ketersediaannya terbatas bagi sejumlah pengguna terpilih.

Baca juga: Trik Bikin Chat Jadi Stiker WA Tanpa Aplikasi Tambahan, Sudah Coba?

Sayangnya belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkan fitur ini di WA versi stabil ke semua pengguna. Meski demikian, WhatsApp sudah memastikan pihaknya akan meluncurkan fitur tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

"WhatsApp memahami bahwa status online tidak selalu berarti Anda bersedia untuk mengobrol. Pengaturan baru memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat melihat status online mereka," tulis WhatsApp dalam keterangan resminya pada awal Agustus lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com