Kompas.com - 14/09/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Sony tengah menguji coba dukungan resolusi 1440p untuk konsol PlayStation 5 (PS5). Sesuai namanya, fitur ini mampu memungkinkan pengguna PS5 untuk bisa menikmati game di TV dan monitor dalam resolusi 1440p.

Kendati demikian, PS5 hanya mampu menyajikan refresh rate di angka 60 Hz dan 120 Hz pada pengaturan 1440p, dan pengaturan ini juga belum mendukung Variable Refresh Rate (VRR), yang saat ini hanya dapat bekerja di resolusi 1080p dan 2160p.

Fitur yang satu ini terbilang baru, sebab sebelumnya PS5 hanya menyediakan pengaturan resolusi layar di 720p, 1080i, 1080p dan 2160p.

Baca juga: Alasan di Balik Perlunya Kamera Resolusi Tinggi di Smartphone

Untuk bisa menjajal fitur ini, pengguna bisa mengakses menu "System Settings" > "Screen and Video" > "Resolution" melalui konsol PS5.

Cara mengganti pengaturan resolusi gambar di konsol PlayStation 5 (PS5) ke 1440p.Blog PlayStation Cara mengganti pengaturan resolusi gambar di konsol PlayStation 5 (PS5) ke 1440p.

Perlu diperhatikan bahwa TV dan monitor yang digunakan juga harus mampu mendukung resolusi 1440p.

Untuk mencoba kemampuan TV atau monitor, pengguna bisa melakukan sejumlah tes dengan menekan opsi "Test 1440p Output" yang bisa diakses melalui menu "System Settings" > "Screen and Video".

Baca juga: Sony Bikin Konsol PS5 Versi Baru, Bobot Lebih Ringan

Selain perangkat, pengguna juga perlu memerhatikan game apakah game yang dimainkan sudah mendukung resolusi 1440p atau belum.

Apabila game dapat mendukung hingga kualitas 4K, pengguna bisa menikmati peningkatan anti-aliasing melalui supersampling hingga output 1440p.

Dihimpun KompasTekno dari Blog PlaySattion, Rabu (14/9/2022), saat ini fitur resolusi 1440p di PS5 tengah diuji coba di AS, Kanada, Jepang, Inggris, Jerman, dan Perancis.

Selain dukungan resolusi 1440p, Sony turut menggelontorkan sejumlah pembaruan mencakup kehadiran fitur gamelist yang memungkinkan pengguna untuk bisa membuat folder game berdasarkan kategori.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.