Kompas.com - 14/09/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Google tengah bersiap untuk meluncurkan sistem operasi Android 13 versi publik dalam waktu dekat.

Sebelum resmi digelontorkan, Google menetapkan persyaratan spesifikasi hardware minimum agar ponsel bisa menjalankan Android 13.

Syarat ini perlu dipenuhi terutama bagi ponsel murah di segmen entry-level dengan spesifikasi rendah. Ponsel macam ini biasanya menjalankan Android Go, dalam kasus ini Android 13 Go Edition.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi yang Kebagian Android 13 Beta 2 dan Cara Mendapatkannya

Dalam blog pengembang Android (Android Developers), Google mengharuskan ponsel memiliki RAM minimal 2 GB untuk bisa menjalankan Android 13 Go. Pembocor gadget (tipster) Mishaal Rahman menambahkan bahwa ponsel juga harus memiliki penyimpanan media 16 GB.

Kapasitas RAM dan penyimpanan media minimal tersebut juga dibutuhkan agar Google bisa menyertakan layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS) secara bawaan. Mulai dari Play Store, aplikasi YouTube, Google Maps, Google Drive, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Android 12 Go masih bisa berjalan di ponsel yang memiliki RAM minimal 1 GB saja.

Riwayat persyaratan RAM minimum dari tahun 2017 hingga 2022, agar ponsel bisa menjalankan Android Go Edition.Blog Developer Android Riwayat persyaratan RAM minimum dari tahun 2017 hingga 2022, agar ponsel bisa menjalankan Android Go Edition.
Bila kilas balik ke belakang, Google telah meningkatkan persyaratan RAM minimum agar ponsel berspesifikasi "rendah" bisa menjalankan Android.

Misalnya, Android Go Edition membutuhkan RAM minimum 512 MB pada 2017-2019, lalu bertambah menjadi 1 GB pada 2020-2021, terakhir meningkat lagi menjadi 2 GB pada 2022 ini.

Baca juga: Apa Beda Proyek Ponsel Murah Android One dan Android Go?

Bila ponsel yang menjalankan Android 12 Go saat ini tidak memenuhi persyaratan hardware minimum yang baru tersebut, maka ponsel tidak bisa di-upgrade ke Android 13 Go, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Rabu (14/9/2022).

Peningkatan persyaratan RAM minimum ini agaknya tidak berpengaruh signifikan bagi pangsa pasar ponsel Android di segmen entry-level. Pasalnya, banyak pula ponsel entry level yang sudah dibekali RAM 3/4 GB dengan penyimpanan media setidaknya 32/64 GB.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.