Ogah Update ke iOS 16 Tapi Ingin Tetap Aman? iOS Ini Alternatifnya

Kompas.com - 14/09/2022, 15:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Apple belum lama ini menggulirkan pembaruan sistem operasi (OS) iOS 16, bersamaan dengan watchOS 9 serta tvOS 16. Selain iOS 16, Apple juga merilis pembaruan iOS 15.7, iPadOS 15.7, dan macOS Monterey 12.6.

iOS 15.7 dirilis untuk mengakomodasi pengguna iPhone lawas yang tidak kebagian update ke iOS 16. Misalnya iPhone 6S, iPhone 7, hingga iPhone SE generasi pertama.

Selain itu, iOS 15.7 juga ditujukan untuk mereka yang mungkin masih enggan untuk upgrade ke iOS 16, tetapi tetap ingin mendapat pembaruan keamanan.

Adapun pembaruan keamanan yang dimaksud yaitu untuk menangani kerentanan "zero-day" yang menyerang iPhone dan Mac sejak awal tahun. Zero-day sendiri berkaitan dengan kerentanan yang belum diketahui sebelumnya dan bertujuan menyerang banyak software.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 16, Termasuk iPhone 8

Bug keamanan itu diidentifikasi sebagai CVE-2022-32917 dan bisa membuat aplikasi jahat mampu mengeksekusi kode arbitrer dengan kernel khusus.

Kerentanan itu dilaporkan oleh peneliti anonim ke Apple. Namun, Apple tak merinci dampak dari serangan ini, meskipun menyebut bahwa kerentanan ini cukup aktif dilancarkan oleh penjahat siber.

Apple mengatasi kerentanan tersebut melalui pembaruan iOS 15.7 dan iPadOS 15.7, macOS Monterey 12.6, dan macOS Big Sur 11.7.

Di antara perangkat Apple yang terdampak oleh bug tersebut yaitu:

  • iPhone 6s dan iPhone model baru
  • iPad Pro (semua model)
  • iPad Air 2 dan model lebih baru
  • iPad gen 5 dan model lebih baru
  • iPad mini 4 dan model lebih baru
  • iPod touch gen 7
  • Mac yang berjalan dengan macOS Big Sur 11.7 dan macOS Monterey 12.6

Bila Anda termasuk salah satu pengguna yang memakai perangkat di atas, maka Anda dapat memperbarui iOS ke versi 15.7 untuk menambal celah keamanan.

Bug sejak awal tahun

Pembaruan keamanan yang dirilis Apple ini tercatat merupakan kedelapan kalinya dalam menangani kerentanan zero-day. Agustus lalu Apple menambal dua kerentanan di kernel iOS (CVE-2022-32894) dan WebKit (CVE-2022-32893).

Baca juga: Bug iOS 15 Bikin iPhone Rekam Percakapan Pengguna dengan Siri

Pada Maret 2022, raksasa teknologi itu juga menambal dua bug di Intel Graphics Driver (CVE-2022-22674) dan AppleAVD (CVE-2022-22675). Kemudian pada Februari, Apple merilis pembaruan keamanan untuk menambal bug zero-day pada WebKit di iPhone, iPad hingga Mac.

Tak hanya itu, pada Januari Apple juga menambal dua kerentanan zero-day yang mampu menjalankan kode melalui kernel khusus (CVE-2022-22587) dan pelacakan aktivitas penelusuran web (CVE-2022-22594), dihimpun KompasTekno dari Bleeping Computer, Rabu (14/9/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.