Cara Menyambungkan Rekening atau E-Wallet ke Kartu Prakerja serta Syaratnya

Kompas.com - 14/09/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang diselenggarakan pemerintah bagi masyarakat pencari kerja. Untuk mendukung program itu, masyarakat yang terdaftar sebagai peserta bakal memperoleh insentif.

Dalam kartu Prakerja, insentif itu terbagi menjadi dua jenis, yakni pertama, insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan. Kedua, insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei.

Baca juga: Berapa Lama Sertifikat Pelatihan Muncul di Dashboard Prakerja? Begini Prosesnya

Kedua insentif Prakerja tersebut bakal dicairkan ke peserta ketika telah menyelesaikan seluruh rangkaian paket pelatihan kerja yang telah dibeli sebelumnya untuk pertama kali.
Lalu, insentif Prakerja bisa dicairkan lewat apa saja?

Peserta bisa mencairkan insentif tersebut hanya melalui nomor rekening bank BCA dan BNI. Selain melalui nomor rekening dari bank tersebut, insentif bisa dicairkan lewat akun e-wallet (dompet digital). Lantas, e-wallet apa saja untuk Prakerja?

Untuk diketahui, tidak semua e-wallet dapat digunakan pada Prakerja. Dikutip dari laman resmi Prakerja, peserta hanya bisa menggunakan e-wallet seperti OVO, GoPay, Dana, dan LinkAja untuk menerima insentif Prakerja.

Supaya bisa menerima insentif tersebuet, peserta diwajibkan untuk menyambungkan e-wallet atau rekening ke akun kartu Prakerja dulu di situs web “prakerja.go.id”. Lantas, bagaimana cara menyambungkan e-wallet ke kartu Prakerja?

Menyambungkan rekening atau e-wallet bisa dilakukan setelah peserta dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti gelombang pelatihan. Namun, sebelum bisa menyambungkan rekening atau e-wallet ke kartu Prakerja, peserta perlu memahami syaratnya di bawah ini.

Syarat menyambungkan e-wallet atau rekening ke kartu Prakerja

  • Pastikan rekening bank atau e-wallet yang digunakan masih aktif.
  • Pastikan menggunakan nomor rekening bank atau e-wallet atas nama pribadi (memakai NIK yang sama dengan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja).
  • Jika memilih e-wallet, pastikan telah mempunyai akun e-wallet pada OVO, GoPay, Dana, atau LinkAja.
  • Pastikan nomor telepon yang dipakai pada akun e-wallet sama seperti untuk registrasi di akun kartu Prakerja.
  • Pastikan akun e-wallet yang dipakai sudah ditingkatkan menjadi akun premium atau akun yang KYC (telah melakukan verifikasi KTP dan swafoto).

Setelah memahami syarat di atas, berikut adalah penjelasan mengenai cara menyambungkan rekening atau e-wallet ke kartu Prakerja, setelah dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti gelombang pelatihan.

Baca juga: Kenapa Dashboard Prakerja Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara menyambungkan rekening ke kartu Prakerja

  • Login akun kartu Prakerja di situs web “prakerja.go.id”. Selesaikan menonton tiga video tentang kartu Prakerja. Setelah itu, bakal muncul menu untuk menyambungkan rekening atau e-wallet ke kartu Prakerja dan silakan klik opsi “Sambungkan Sekarang”.
  • Pilih rekening bank yang ingin disambungkan (BNI atau BCA).
  • Masukkan data rekening dengan benar, meliputi nama pemilik rekening dan nomor rekening.
  • Terakhir, klik opsi “Sambungkan”.

Cara menyambungkan e-wallet ke kartu Prakerja

  • Setelah klik opsi “Sambungkan Sekarang”, pilih e-wallet yang ingin disambungkan (OVO, GoPay, Dana, atau LinkAja ). Lalu, klik opsi “Sambungkan”.
  • Masukkan nomor telepon yang dipakai di akun e-wallet dan klik opsi “Konfirmasi”.
  • Masukkan kode OTP yang dikirim via SMS di nomor telepon tadi.
  • Terakhir, masukkan kode keamanan (security code) dari akun e-wallet yang tadi ingin disambungkan ke kartu Prakerja.

Setelah berhasil menyambungkan rekening atau e-wallet, insentif bakal bisa dicairkan sesuai dengan jadwal yang muncul di halaman dashboard “prakerja.go.id”. Pencairan membutuhkan waktu 3-5 hari kerja sejak tanggal penjadwalan insentif muncul di dashboard.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sertifikat Pelatihan Tidak Muncul di Dashboard Prakerja

Cukup mudah bukan untuk menyambungkan e-wallet atau rekening ke kartu Prakerja? Demikianlah penjelasan seputar cara menyambungkan rekening atau e-wallet ke kartu Prakerja dengan mudah, semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.