Pengertian Wireline dan Beberapa Kategorinya

Kompas.com - 14/09/2022, 19:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Komunikasi wireline (juga dikenal sebagai komunikasi kabel) adalah transmisi informasi melalui filamen. Atau, teknologi komunikasi yang mengirimkan informasi over-the-air (OTA) disebut nirkabel.

Contoh umum komunikasi wireline termasuk sistem telepon darat, televisi dan komputer desktop yang menggunakan Ethernet untuk terhubung ke internet. Komunikasi wireline umumnya berada di bawah tiga kategori: fiber optic, coaxial dan twisted pair.

Baca juga: 8 Jenis Perangkat Lunak Jaringan Komputer, serta Pengertian dan Contohnya

Fiber Optic

Filamen terdiri dari satu atau lebih serat optik, yang masing-masing mampu mentransmisikan pesan yang dimodulasi ke gelombang cahaya. Ada dua jenis utama kabel serat optik: single-mode dan multi-mode.

Serat mode tunggal digunakan untuk jarak yang lebih jauh dan sumber cahaya biasanya adalah laser. Serat multi-mode digunakan untuk jarak yang lebih pendek dan sumber cahaya biasanya adalah dioda pemancar cahaya (LED).

Coaxial Cable

Filamen terdiri dari kabel tembaga yang dibuat khusus dengan pelindung logam dan komponen lain yang dirancang untuk memblokir gangguan sinyal.

Kabel koaksial terutama digunakan oleh perusahaan TV kabel untuk menghubungkan fasilitas antena satelit mereka ke rumah pelanggan dan bisnis. Ini juga digunakan oleh perusahaan telepon untuk menghubungkan kantor pusat ke tiang telepon di dekat pelanggan.

Twisted Pair

Filamen terdiri dari dua kabel tembaga berinsulasi yang dipilin satu sama lain untuk mengurangi crosstalk atau induksi elektromagnetik.

Meskipun twisted pair sering dikaitkan dengan penggunaan di rumah, kelas yang lebih tinggi dari twisted pair sering digunakan untuk kabel horizontal di instalasi jaringan area lokal (LAN) karena lebih murah daripada kabel koaksial.

Untuk beberapa lokasi bisnis, twisted pair diapit oleh shield yang berfungsi sebagai ground. Ini dikenal sebagai pasangan terpilin terlindung (STP). Kabel biasa ke rumah adalah unshielded twisted (UTP).

Baca juga: Pengertian File dan Folder dalam Komputer

 

NBASE-T Ethernet adalah standar IEEE dan teknologi pensinyalan Ethernet yang memungkinkan pemasangan kabel tembaga twisted-pair yang ada melebihi batas kabel yang ditentukan sebesar 1 Gbps untuk jarak hingga 100 meter.

Secara teknis, dapat dikatakan bahwa semua komunikasi nirkabel juga harus dipertimbangkan sebagai komunikasi kabel karena pada beberapa titik rantai komunikasi, kabel fisik akan digunakan untuk menangkap sinyal nirkabel.

Baca juga: 6 Jenis Topologi Jaringan Komputer serta Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kelebihan dari penggunaan komunikasi wireline atau nirkabel dianggap yang paling stabil dari semua jenis layanan komunikasi. Mereka relatif tahan terhadap kondisi cuaca buruk dibandingkan dengan solusi komunikasi nirkabel.

Karakteristik ini memungkinkan komunikasi kabel tetap populer bahkan saat solusi nirkabel terus berkembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.