YouTube Pasang 5 Iklan di Awal Video dan Tidak Bisa Di-skip?

Kompas.com - 15/09/2022, 11:03 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - YouTube diketahui tengah menguji coba format baru untuk iklan yang akan tampil di pengguna YouTube gratisan. Dengan format tersebut, YouTube akan menampilkan lima iklan berbeda sebelum video dimulai.

Format iklan baru ini konon mulai diuji coba per September ini. Sejumlah pengguna YouTube gratisan, mendapati ada lima iklan yang harus ditonton sebelum video diputar. Biasanya, pengguna YouTube hanya disajikan dua iklan di awal video.

Pengguna YouTube gratisan yang terdampak mengeluhkan jumlah iklan tersebut. Keluhan itu dilontarkan di Twitter hingga forum Reddit.

Salah satu pengguna yang mendapati format iklan baru tersebut mengeluh di Twitter. Melalui akun dengan handle @BadGyalVeeVee, ia mengatakan lima iklan yang muncul terlalu lama, apalagi iklan tersebut tidak dapat dilewatkan atau skip.

Baca juga: Tanda-tanda YouTube Kian Seriusi Konten Audio Podcast

Namun, tidak semua pengguna kebagian iklan tersebut, mengingat format ini masih dalam tahap uji coba.

Pihak YouTube melalui akun Twitter @TeamYoutube lantas menanggapi keluhan tersebut. YouTube mengatakan bahwa format iklan itu disebut iklan bumper yang akan tayang di awal video.

Youtube juga mempersilakan pengguna untuk memberikan masukan kepada perusahaan terkait iklan tersebut.

"Ini kemungkinan terjadi pada jenis format iklan tertentu yang disebut iklan bumper karena durasinya hanya sampai 6 detik. Bila berkenan, Anda dapat mengirimkan saran langsung dari (aplikasi) Youtube melalui alat 'kirim tanggapan'," tulis akun @TeamYoutube.

Sebelumnya pengguna YouTube gratis biasanya mendapati iklan di awal atau tengah video yang sedang ditonton, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Kamis (15/9/2022).

Namun, jumlahnya hanya satu atau paling banyak dua iklan, dengan iklan kedua yang dapat diskip. Dengan kata lain, jumlah iklan yang disisipkan YouTube untuk pengguna gratis menjadi dua kali lebih banyak dan tanpa opsi untuk skip iklan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber GizChina


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.